Senin 27 Apr 2020 22:51 WIB

29 Pasien Covid-19 Sembuh, PSBB Kabupaten Bekasi Diklaim Efektif

29 Pasien Covid-19 Sembuh, PSBB Kabupaten Bekasi Diklaim Efektif

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 29 Pasien Covid-19 Sembuh, PSBB Kabupaten Bekasi Diklaim Efektif
29 Pasien Covid-19 Sembuh, PSBB Kabupaten Bekasi Diklaim Efektif

CIKARANG PUSAT, AYOBANDUNG.COM – Sebanyak 29 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi berhasil sembuh setelah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena itu, PSBB di wilayah tersebut diklaim efektif mengurangi penyebaran penularan Covid-19.

“Alhamdulillah setelah kita melakukan PSBB, perkembangan kasus Covid-19 ini sudah mulai flat. Jumlah pasien yang dirawat jauh lebih sedikit dibanding yang sembuh, hingga hari ini jumlah pasien yang sembuh sudah mencapai 29 orang,” kata Eka dalam keterangannya, Senin (27/4/2020).

Selain jumlah pasien yang dirawat jauh lebih sedikit dibandingkan pasien yang sembuh dari Covid-19, Eka juga menambahkan, angka pertambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten sudah mulai mendatar dan tidak terjadi kenaikan kasus yang signifikan.

AYO BACA : Ini Alasan Warga Kota Bandung Dilarang Boncengan Selama PSBB

Sementara itu, Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menambahkan, pelaksanaan PSBB dianggap cukup efektif dalam pemutusan penularan Covid-19 secara lokal.

“Mudah-mudahan tidak ada kasus baru yang signifikan di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan screening baik melalui rapid test maupun swab test kepada warga berstatus ODP maupun yang berkontak erat dengan PDP Positif. Dia mengklaim setiap harinya dilakukan tidak kurang sebanyak 50 orang yang diambil sampelnya.

AYO BACA : Berjalan 2 Pekan, PSBB Bodebek Dinilai Kurang Efektif

"Kami lakukan pengujian kepada 50 orang per harinya baik rapid test maupun swab test untuk men-screening penyebaran kasus di Kabupaten Bekasi ini,” katanya.

Merujuk pada data dari situs web resmi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi (PIKOKABSI), diketahui sampai dengan hari ini pukul 08.00 WIB, warga Kabupaten Bekasi yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 67 orang.

Berdasar jumlah positif tersebut diketahui sebanyak 29 orang sembuh, 8 orang meninggal, 10 orang dirawat di Rumah Sakit dan 20 orang melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2475 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 714 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 364 orang dan Orang Pelaku Perjalanan sebanyak 5 orang.

AYO BACA : Selama PSBB, Mobilitas Warga Bandung Masih Tinggi

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement