Jumat 24 Apr 2020 05:51 WIB

Ragam Pendapat Niat Puasa, Cukup Sekali atau Berulang-ulang?

Ulama dari Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali sepakat puasa tak sah tanpa niat.

Niat puasa apakah harus diucapkan setiap hari, atau cukup sekali untuk satu bulan. Foto: Abdul Muiz Ali, Pengurus Lembaga Dakwah PBNU
Foto:

Niat dalam fikih diperlukan dalam rangka untuk membedakan antara ibadah dan kebiasaan. Menurut madzhab Hanafi, niat adalah bermaksud taat menjalani perintah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. (Hasyiah Ibnu Abidin, I/105).

Sedangkan menurut madzhab Maliki, niat adalah bermaksudnya seorang mukallaf terhadap sesuatu yang di perintah. (Hasyiah al-Adwi, I/203). Sementara Syafi'iyah berpendapat, sebagaimana yang disampaikan Imam Al-Mawardi, niat adalah bermaksud melakukan sesuatu yang bersamaan dengan pekerjaanya.

Jika tidak bersamaan dengan pekerjaannya, maka disebut keinginan atau azam (al-Mantsur fi al-Qawaid, III/284). Madzhab Hambali mendefinisikan niat, sebagaimana yang disampaikan Imam al-Buhuti, adalah keinginan dalam hati untuk menjalankan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

Niat Puasa, Harus Tabyit apa Tajdid?

Ulama dari kalangan Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali sepakat bahwa puasa tidak sah kalau tanpa niat. Hanya saja ulama berbeda pendapat, apakah niat puasa di bulan Ramadhan itu harus di malam hari (tabyit) dan apakah niat itu harus di ulang-ulang (tajdid) setiap hari?. Jumhurul Fuqoha, Madzhab Maliki, Syafi'i dan Hambali berpendapat, niat puasa Ramadhan harus di malam hari (Tabyit) sebelum masuk waktu Shubuh. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhori di atas dan atsar sahabat, riwayat Sayyidah Hafshoh istri Nabi yang berkata:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

“Barangsiapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.”

Untuk soal memperbarui niat setiap hari (tajdid) ulama juga berbeda pendapat: Pertama, menurut Jumhurul Fuqoha dari madzhab Hanafi, Syafi'i dan Hambali, niat puasa Ramadhan harus dilakukan setiap hari (tajdid). Kedua, menurut madzhab Maliki niat puasa Ramadhan tidak wajib diperbarui (Tajdid) setiap hari, dengan alasan setiap ibadah yang harus dilakukan secara terus menerus atau berkesinambungan seperti halnya puasa Ramadhan, maka niat puasanya cukup satu kali pada awalnya saja.

Pendapat kedua ini bisa dijadikan langkah antisipasi oleh kita jika khawatir niat puasanya lupa pada hari-hari berikutnya. Ulama Syafi'iyah, sepetihalnya banyak dijelaskan dalam literatur fikih Syafi'i, menganjurkan agar pada malam pertama awal Ramadan niat puasanya diniatkan satu bulan penuh dengan redaksi niat; saya niat puasa fardhu di semua hari bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala.

Dengan model niat dan taqlid kepada Imam Malik seperti ini, maka puasanya tetap dihukumi sah misalnya lupa tidak niat dihari-hari berikutnya. Akan tetapi, agar tetap mendapat pahala yang berlipat, kalau kita masih ingat untuk niat dimalam hari, maka kita wajib niat sebagaimana yang diatur dalam tuntunan puasa Ramadhan dalam madzhab Syafi'i. Wallahu A'lam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement