Kamis 23 Apr 2020 15:27 WIB

Gubernur Bagikan Sembako Peduli Covid-19 di Tiga Desa

Masyarakat diminta tetap tenang dan berhati hari,

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali membagikan sembako kepada masyarakat yang merasakan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).  Kali ini 150 warga Desa Cit, Desa Pugul, dan Desa Riau Silip, di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka yang mendapatkan bantuan ini.
Foto: istimewa
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali membagikan sembako kepada masyarakat yang merasakan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kali ini 150 warga Desa Cit, Desa Pugul, dan Desa Riau Silip, di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka yang mendapatkan bantuan ini.

REPUBLIKA.CO.ID,RIAU SILIP--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali membagikan sembako kepada masyarakat yang merasakan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kali ini 150 warga Desa Cit, Desa Pugul, dan Desa Riau Silip, di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka yang mendapatkan bantuan ini.

Kegiatan pembagian sembako ke masyarakat sekitar kawasan hutan dan masyarakat pesisir bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kep. Babel, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) peduli dampak Covid-19, dilaksanakan di Kantor Desa Cit, Kabupaten Bangka, Kamis (23/4).

Seperti saat pembagian sembako sebelumnya, Gubernur Erzaldi Rosman juga mengedukasi para warga tentang pencegahan dan penanganan Covid-19. Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan Covid-19 saat ini telah merambah hingga Bangka Belitung. Menurut data, saat ini di Babel tercatat sembilan positif dengan satu positif orang meninggal dan satu PDP meninggal.

Gubernur meminta masyarakat agar jangan cemas tetapi tetap hati-hati, dan jangan pula meremehkan. Kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah terkait protokol Covid-19 ini agar dipatuhi.

Pentingnya cuci tangan menggunakan sabun, meningkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi dan seimbang, serta berjemur di bawah matahari pagi menjadi arahan Gubernur Erzaldi Rosman untuk memutus mata rantai Covid-19 ini.

Pemakaian masker di setiap kegiatan terutama di luar rumah diwajibkan untuk seluruh warga. Menjaga jarak terutama saat di pasar untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Oleh sebab itu, pihaknya akan menata pasar di seluruh Babel dengan menerapkan protokol Covid-19 yaitu pengaturan jarak stan yang ada.

Bagi para pendatang khususnya dari luar Pulau Bangka diharapkan mengisolasi diri dan bila timbul gejala batuk, pilek atau sesak nafas agar segera melapor ke petugas kesehatan, kantor desa ataupun satgas. Bila perlu dilakukan tes swab atau rapid tes di Laboratorium Dinas Kesehatan Bangka Belitung yang saat ini memiliki alat tersendiri dimana tidak semua provinsi memilikinya. "Kita harus berasama-sama disiplin untuk memutus mata rantai Covid-19 ini," kata Gubernur Erzaldi seperti dikutip laman resmi Pemrov Babel kamis (23/4).

Dampak Covid-19 yang saat ini telah dirasakan sebagian masyarakat membuat pihaknya hadir di tempat itu untuk meringankan beban masyarakat. Hari ini, bersama para donatur yang ada untuk bantu masyarakat. Pemprov untuk bantuan PKH dan BMT menjadi 750.000. Orang miskin baru masih didata. Diharapkan masyarakat jangan merasa miskin jika keadaan ekonominya tergolong mampu.

Gubernur Erzaldi juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, agar masyarakat tetap bersemangat.  Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan dalam sambutannya mengatakan vantuan sembako peduli Covid-19 yang saat ini diberikan kepada 150 masyarakat Desa Cit, Desa Silip dan Desa pugul ini merupakan donasi dari MRI/ACT Babel, mitra dinas kehutanan dan Gubernur Erzaldi Rosman sendiri. Dalam kegiatan peduli Covid-19 ini pihaknya mempunyai target 1100 paket sembako untuk dibagikan. 

Saat ini telah 900 paket sudah dibagikan yang diprioritaskan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Oleh sebab itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah ikut berpartisipasi berbagi kasih kepada masyarakat. Ikut hadir, pimpinan ACT/MRI Babel, Camat Riau Silip dan kepala desa dari tiga desa yang memperoleh bantuan sembako.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement