Kamis 23 Apr 2020 14:38 WIB

38 Ribu Masker Kain Produksi Relawan Siap Dibagikan

Pembuatan ratusan ribu lembar masker nonmedis tersebut melibatkan para relawan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Warga melakukan proses pembuatan masker berbahan kain
Foto: ANTARA/ Makna Zaezar/
Warga melakukan proses pembuatan masker berbahan kain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta telah berhasil merampungkan pembuatan 38 ribu masker kain. Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, produksi masker kain sudah dimulai pada 6 April 2020. Masker kain akan diserahkan ke Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta apabila jumlahnya sudah mencapai 100 ribu lembar.

"Masker kain ini untuk dibagikan gratis kepada warga dengan tujuan mencegah penularan Covid-19," ujarnya, Kamis (23/4).

Andri menjelaskan, pembuatan ratusan ribu lembar masker nonmedis tersebut melibatkan para relawan yang merupakan alumni dan peserta pelatihan Kejuruan Tata Busana di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) di lima wilayah, serta Pusat Pelatihan Keterampilan Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo.

"Setiap relawan membuat 75 masker kain setiap harinya. Kita akan selesaikan secepatnya produksi masker kain ini," terangnya.

Menurutnya, pembuatan masker kain ini merupakan tindak lanjut dari Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Covid-19.

"Masker nonmedis yang diproduksi sesuai standar yang telah ditetapkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta mulai dari bahan, pola atau modelnya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala PPKD Jakarta Timur, Ahmad Sotar Harahap menambahkan, hingga saat ini relawan yang terlibat pembuatan masker kain di PPKD Jakarta Timur telah berhasil menyelesaikan 12.250 masker kain.

"Keseluruhan masker non medis tersebut telah diserahkan secara bertahap kepada PPKD Jakarta Utara selaku koordinator pembuatan masker massal di lingkungan Dinas Nakertrans DKI Jakarta," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement