Rabu 22 Apr 2020 19:31 WIB

RS Fatmawati Terima Bantuan APD dari Dehawa Berbagi

Tim medis covid 19 membutuhkan dukungan pasokan APD yang memadai

Tim medis mengenakan masker dan alat pelindung diri (APD).
Foto: Istimewa
Tim medis mengenakan masker dan alat pelindung diri (APD).

REPUBLIKA.CO.ID, Gerakan berbagi bersama alat perlindungan diri medis (APD) terus dilakukan oleh sebagian kelompok masyarakat. Masih banyaknya penderita virus covid 19 di Jakarta membuat fasilitas medis membutuhkan banyak sekali pasokan APD untuk melayani warga yang terjangkit.

Salah satu kelompok masyarakat yang tergerak menyumbang APD adalah brand fashion busana muslim Dehawa dan Kantor Hukum Yuking & Co. Keduanya kemarin menyambangi RS Fatmawati Jakarta Selatan untuk menyerahkan bantuan berupa baju hazmat yang berkualitas dan dapat digunakan kembali. RS Fatmawati adalah salah satu rumah sakit rujukan bagi penderita covid 19 di Jakarta. 

Bantuan APD diserahkan langsung oleh Ana Sofa Yuking selaku pemilik Dehawa yang juga merupakan Pendiri Kantor Hukum Yuking & Co. Donasi ini dilakukan, kata Ana, sebagai bentuk komitmen gerakan Dehawa Berbagi dalam memberikan dukungan penuh kepada pemerintah dalam menangani pandemi Covid19.

“Kami sangat memahami beban pemerintah dalam menyediakan APD untuk tenaga medis, mengingat semakin meluasnya penyebaran virus Covid 19 di seluruh Indonesia," kata Ana dalam rilis yang diterima Republika kemarin. Ana menekankan, gerakan Dehawa Berbagi merasa perlu ikut berkontribusi meringankan tugas pemerintah dengan memproduksi baju hazmat yang berkualitas untuk dibagikan secara gratis 

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama RS Fatmawati, dokter Mochamad Syafak Hanung, SpA MPH menyampaikan terima kasih kepada gerakan Dehawa Berbagi atas dukungan, bantuan dan donasi yang diberikan.

"Dukungan yang diberikan telah menguatkan kami, bahwa kami berjuang tidak sendirian dalam merawat pasien dan menghadapi Pandemi Covid19. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan yang telah diberikan kepada kami," kata  Mochamad, Rabu (22/4).

Ana kemudian menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tenaga medis yang bertugas. Menurut dia, para tenaga medis ini telah bekerja keras bertaruhkan nyawa dalam merawat pasien covid 19 di seluruh Indonesia. 

Ia mengajak warga lainnya untuk senantiasa mendo’akan para tenaga medis. "Semoga para pejuang kita, tim medis di seluruh Indonesia diberikan kesehatan dan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan tugas mulianya merawat pasien Covid19. Aamiin, kata Ana lagi. 

Pemerintah saat ini terus berupaya untuk menyediakan APD dan mendistribusikannya ke seluruh fasilitas kesehatan yang membutuhkan di seluruh provinsi.

Namun karena kebutuhan yang amat besar, maka di sejumlah daerah dan banyak rumah sakit APD ini minim tersedia, sehingga perawat dan dokter harus menggunakan APD seadanya, seperti jas hujan plastik. Dukungan donasi APD yang berstandar medis pun terus dilakukan oleh sejumlah kelompok masyarakat. n ed: stevy maradona 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement