Rabu 22 Apr 2020 10:39 WIB

Bupati Purbalingga: Penanganan Covid-19 Harus Sinergis

Peran serta masyarakat sangat penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fernan Rahadi
(Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
(Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi upaya untuk menangani wabah  Covid-19 harus dilakukan secara sinergis. Semua pihak, baik dari Tim Gugus Covid-19 tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan hingga tingkat RT/RW, harus memiliki persepsi yang sama dalam upaya penanggulangan wabah.

''Seluruh elemen masyarakat juga harus ikut mendukung. Tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja,'' jelas Bupati, Selasa (21/4).

Bahkan dia menyebutkan, peran serta masyarakat sangat penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini. ''Seperti dalam hal penanganan pemudik yang pulang ke Purbalingga, masyarakat harus bisa mengambil sikap yang tepat. Bagi pemudik, harus bersedia melakukan karantina mandiri. Sedangkan masyarakat sekitar, harus memberi dukungan dengan baik,'' jelasnya.

Sejak wabah berlangsung, Bupati mengaku sangat sering dia menerima laporan melalui media sosial tentang adanya pemudik berstatus ODP yang tidak disiplin melakukan karantina mandiri. Hal ini sangat disesalkan karena tindakan mereka bisa merugikan keluarga dan masyarakat.

Bupati perlu memperingatkan lagi malah pentingnya karantina mandiri, karena dari enam pasien positif Covid 19 yang ada di Purbalingga, seluruhnya memiliki riwayat baru melakukan perjalanan dari luar kota.

''Saya tidak bermaksud memojokkan para pemudik. Namun saya meminta mereka disiplin melakukan karantina mandiri, karena bisa saja pemudik tersebut sebenarnya sudah terjangkit namun tidak menunjukkan gejala. Tapi bila dia tidak disiplin melakukan karantina, virusnya dapat menular ke orang lain yang akhirnya menimbulkan gejala,'' katanya.

Secara teknis, Bupati mengaku terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan memperhatikan imbauan yang disampaikan pemerintah pusat. ''Kebijakan-kebijakan yang disarankan ditindaklanjuti secara seksama dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan,'' katanya.

Dia mengingatkan, wabah Covid 19 tidak hanya telah menimbulkan dampak pada masalah kesehatan masyarakat saja. Lebih dari itu, juga telah menimbulkan dampak pada aspek ekonomi dan sosial. ''Untuk itu, saya sangat berterima kasih pada pihak-pihak dan lembaga yang terketuk hatinya untuk bersama-sama ikut menangani dampak Covid-19,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement