Selasa 21 Apr 2020 23:27 WIB

Pasien Pertama Covid-19 Asal Solok Dimakamkan di Padang

S (77) yang meninggal karena Covid-19 dimakamkan di Kota Padang, Selasa (21/4).

Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 (ilustrasi). Pasien Covid-19 asal Solok yang meninggal dimakamkan di Kota Padang.
Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 (ilustrasi). Pasien Covid-19 asal Solok yang meninggal dimakamkan di Kota Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pasien pertama yang dinyatakan positif Covid-19 asal Jorong Gaduang, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, S (77) meninggal dunia di RSUP M Djamil, Padang. Ia langsung dimakamkan di Kota Padang, Selasa (21/4).

"Benar, Kami informasikan pasien Covid-19 S (77) asal Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, terkonfirmasi telah meninggal dunia pukul 18.45 WIB tadi di RSUP M Jamil Padang," kata Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam di Arosuka, Selasa (21/4) malam.

Baca Juga

Ia menyebutkan awalnya jenazah pasien S yang positif tersebut akan dibawa ke Nagari Surian untuk segera dimakamkan dengan protokol penanganan jenazah terinfeksi Covid-19. Namun, karena ada kendala jalan antara Padang menuju Nagari Surian yang putus total akibat longsor di Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, maka wali nagari, camat dan pihak keluarga bermusyawarah.

"Apalagi mengingat kalau pasien positif yang meninggal harus segera dikuburkan, tidak boleh lama-lama. Hanya boleh tiga sampai sampai empat jam sejak meninggal harus segera dikuburkan," ujarnya.

Setelah dimusyawarahkan wali nagari dan pihak ahli waris, imbuhnya, almarhum diputuskan dimakamkan di Bungus Teluk Kabung, Padang.

Sebelumnya Bupati Solok Gusmal secara resmi mengumumkan pasien positif Covid-19 pertama di daerah itu berdasarkan hasil tes swab Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang yang keluar Kamis (16/4) sore.

"Pasien positif COVID-19 itu berinisial S (77) berjenis kelamin laki-laki asal Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin," katanya saat konferensi pers dengan wartawan di Arosuka, Kamis malam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement