Kamis 16 Apr 2020 23:56 WIB

Digelar Rapid Test, Tiga Warga Jambi Positif Terinfeksi

Tiga warga Jambi yang positif sudah dikategorikan PDP

Petugas kesehatan mengecek suhu tubuh warga yang akan melakukan perjalanan dan memasuki Kota Jambi dari Kabupaten Muarojambi serta Tanjungjabung Barat, Jambi. Tiga orang warga Kota Jambi yang dilakukan rapid tes oleh gugus tugas COVID-19 Kota Jambi hasilnya positif terinfeksi virus.
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Petugas kesehatan mengecek suhu tubuh warga yang akan melakukan perjalanan dan memasuki Kota Jambi dari Kabupaten Muarojambi serta Tanjungjabung Barat, Jambi. Tiga orang warga Kota Jambi yang dilakukan rapid tes oleh gugus tugas COVID-19 Kota Jambi hasilnya positif terinfeksi virus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Tiga orang warga Kota Jambi yang dilakukan rapid tes oleh gugus tugas COVID-19 Kota Jambi hasilnya positif terinfeksi virus.

“Tiga orang yang dilakukan rapid tes dan hasilnya positif tersebut adalah mereka yang mengikuti tablig akbar di Kabupaten Gowa Sulawesi Setalan bersama pasien positif COVID-19 Kota Jambi yang diberi nama pasien 01 KJ,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Kamis (16/4).

Pemeriksaan Kesehatan dan rapid tes terhadap tiga orang warga Kota Jambi tersebut merupakan hasil tracking terhadap warga Kota Jambi yang berhubungan dengan pasien positif COVID-19 01 KJ. Pasien itu tergabung dalam rombongan tabligh akbar di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan tracking yang dilakukan oleh gugus tugas COVID-19 Kota Jambi, ada 27 orang rombongan yang mengikuti tabligh akbar di Provinsi Sulawesi Selatan tersebut. Dimana sebelumnya telah dilakukan rapid tes terhadap 12 orang lainnya, dan satu orang dinyatakan positif terinfeksi virus dan telah diambil sampel untuk uji swab.

Pada hari ini Kamis (16/4) dilakukan Kembali rapid tes terhadap tiga orang tersebut, dan hasilnya menunjukkan positif terinfeksi virus. Sementara itu, masih terdapat 12 orang lainnya yang belum dilakukan rapid tes karena masih dalam proses penelusuran.

“Tiga orang warga jambi yang hasil rapid tes-nya positif langsung di kelompokan sebagai PDP dan dilakukan perawatan di RS H Abdul Manap Kota Jambi,” kata Abu Bakar.

Tiga orang warga Kota Jambi yang hasil rapid tes-nya positif tersebut merupakan warga Kecamatan Pal Merah. Dimana dua diantaranya merupakan pasangan suami istri dan satu orang lainnya merupakan seorang laki-laki.

Tiga orang warga Jambi tersebut ditetapkan sebagai PDP untuk mempermudah perawatan dan memberikan pelayanan Kesehatan.

Selain melakukan penjemputan terhadap warga jambi yang hasil rapid tes-nya positif, tim gugus tugas COVID-19 Kota Jambi turut melakukan penyemprotan desinfektan di rumah warga tersebut. Serta melakukan penyemprotan di lingkungan sekitar rumah-nya.

Dengan ditetapkan-nya tiga orang warga Kota Jambi tersebut sebagai PDP, saat ini terdapat delapan orang warga Kota Jambi yang menjadi PDP. 248 orang berstatus ODP dan satu orang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sementara itu, pada hari ini kembali terkonfirmasi satu orang warga Provinsi Jambi yang positif COVID-19. Sehingga sampai dengan saat ini sudah terdapat tujuh orang warga Provinsi Jambi yang terkonfirmasi positif COVID-19. Yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut merupakan warga Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi.

Hingga saat ini di Provinsi Jambi terdapat 447 orang ODP, 17 orang PDP dan 7 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement