Kamis 16 Apr 2020 17:53 WIB

Tak Ada Lagi Turis Asing di Sawahlunto

Sejak pandemi Covid-19, tidak ada lagi turis asing di Sawahlunto

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta
Foto: Republika/Febrian Fachri
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan tidak ada lagi turis asing masuk ke Kota Arang sejak wabah virus corona masuk ke Sumatera Barat. Menurut Deri pihaknya tidak lagi menemukan data keberadaan wisatawan asing di Sawahlunto sejak Pemkot membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

"Sejak kami membuat posko penanganan covid-19 kebetulan sudah tidak ada lagi turis asing di Sawahlunto," kata Deri Asta melalui video conference yang difasilitasi IJTI Sumbar via aplikasi Zoom, Kamis (16/4).

Deri tidak mempersoalkan minat wisatawan menurun ke Sawahlunto sejak wabah corona karena memang Pemko Sawahlunto dan Pemprov Sumbar memang sudah mulai melakukan pembatasan selektif arus keluar masuk orang untuk memutus rantai penularan virus corona.

Deri mengakui sebelum virus corona menular antar negara, Sawahlunto memang diminati wisatawan asing. Sawahlunto menjadi magnet turis mancanegara sejak ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia.

Saat ini kata Deri, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat fokus untuk menangani wabah virus corona. Ia berharap virus corona segera tertanggulangi supaya masyarakat dapat kembali menjalani aktivitas normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement