Rabu 15 Apr 2020 17:38 WIB

Jubir Pemerintah: Sudah 22 Ribu Orang Daftar Jadi Relawan

Gugus tugas juga telah menerima lebih dari Rp 200 miliar dana donasi dari masyarakat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.
Foto: ANTARA /Nova Wahyudi
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan, sudah lebih 22 ribu orang mendaftar menjadi sukarelawan di gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Mereka, menurut Yuri, secara sukarela bersedia membantu penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

"Lebih 22 ribu relawan secara sukarela daftarkan diri dalam gugus tugas, baik di tingkat nasional atau daerah. (Kami) terima kasih (kepada) para relawan ini telah nyatakan kesediannya untuk menanggulangi Covid-19," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (15/4).

Baca Juga

Sementara itu, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 nasional juga telah menerima lebih dari Rp 200 miliar total donasi dari masyarakat untuk membantu penanganan Covid-19. Ia mengatakan, donasi nantinya akan diperuntukkan kepada mereka yang terdampak.

"Sebagian besar akan dimanfaatkan untuk memastikan bahwa tenaga kesehatan dan keluarga serta masyarakat yang terdampak penyakit ini bisa kita bantu dan bisa bekerja dengan lebih baik. Bisa lebih tenang di rumah tanpa khawatir," ujarnya.

Hari ini pemerintah mencatat ada penambahan sebanyak 297 kasus positif Covid-19 sepanjang 24 jam terakhir. Artinya, sampai saat ini sudah ada 5.136 pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona.

Angka tersebut didapat dari pemeriksaan lebih dari 33.001 spesimen dari pasien terduga dan positif Covid-19 di seluruh Indonesia. Sisanya, sebanyak 27.865 spesimen dinyatakan negatif.

"Data yang kami himpun berjenjang sejak dinkes kota ke dinkes provinsi dan diakumulasi secara nasional," kata Yurianto, Rabu (15/4).

Selain itu, pemerintah merilis jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di seluruh Indonesia sebanyak 165.549 orang serta pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 11.165 orang.

Dari jumlah pasien positif Covid-19, tercatat ada penambahan 20 orang pasien yang sembuh. Dengan demikian, total pasien sembuh sebanyak 446 orang.

Sementara itu, tercatat juga penambahan 10 orang pasien yang meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah keseluruhan pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 469 orang. Artinya, rasio kematian terhadap jumlah pasien Covid-19 adalah 9,13 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement