Rabu 15 Apr 2020 16:27 WIB

Usai Dillantik Presiden, Wagub Riza: Langsung Bantu Anies

Pelantikan Wagub Riza hanya dihadiri kalangan terbatas.

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo (kanan) mengucapkan selamat kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Ahmad Riza Patria resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta seusai dilantik Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo (kanan) mengucapkan selamat kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Ahmad Riza Patria resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta seusai dilantik Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta terpilih dari hasil pemilihan di DPRD DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (15/4) siang. Setelah resmi dilantik sebagai Wagub DKI, Riza mengaku akan langsung bekerja membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, khususnya dalam kerja penanganan pencegahan Covid-19.

"Alhamdulillah hari ini saya sudah dilantik oleh Pak Presiden. Setelah ini, saya harus langsung bekerja, bersama dengan Gubernur Anies langsung membantu kerja-kerja penanganan Covid-19," kata Riza kepada wartawan melalui telpon, Rabu (15/4) usai pelantikan di Istana.

Seperti yang telah dia sampaikan sebelumnya, kondisi Jakarta saat ini membutuhkan kerja keras yang luar biasa, dalam hal penanganan Covid-19. Sebab sebagaimana diketahui, Jakarta merupakan pusat penyebaran terbesar virus ini di Indonesia.

"Karena itu sudah seharusnya sebagai pemerintah Jakarta kini, bersama bekerja dalam penanggulangan Covid-19," ujarnya.

Riza mengatakan, peran semua pihak juga tidak kalah penting, tidak hanya pemerintah daerah dalam penerapan PSBB. Menurutnya justru saat ini masyarakat Jakarta-lah yang menjadi garda terdepan memutus mata rantai penyerabaran Covid-19, yakni dengan membantu pemerintah menjalankan PSBB sesuai peraturan yang berlaku.

Sedangkan pemerintah, lanjut dia, menjalankan tanggung jawabnya selama PSBB, memberikan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat Jakarta yang terdampak dengan kategori miskin dan rentan miskin.

"Insha Allah ini jadi komitmen saya membantu Pak Gubernur, dalam penanganan Covid-19 di Jakarta saat ini," kata Riza.

Wakil Ketua DPRD DKI, Misan Samsuri mengungkapkan, prosesi pelantikan Wagub DKI Ahmad Riza Patria di Istana Negara, Rabu siang, hanya dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi. Hal ini dikarenakan kondisi pencegahan Covid-19.

Misan mengungkapkan, tugas terdekat,  Wagub Riza Patria mampu bekerja sama dengan Gubernur Anies menanggulangi Covid-19 di Jakarta. "Fokus utama saat ini bagaimana mata rantai penyebaran corona dapat segera diputus di Jakarta, dan masyarakat yang terdampak mendapat perhartian dari Pemprov DKI," ucap dia

Sebelumnya dalam proses pelantikan Wagub DKI Jakarta di Istana Negara, Rabu siang, Presiden Joko Widodo mengambil sumpah jabatan Ahmad Riza Patria. Wagub Riza kemudian diminta mengucapkan sumpah mengikuti perkataan Presiden. Presiden Jokowi juga mengenakan masker warna biru, namun saat membimbing pengucapan sumpah, Presiden membuka masker tersebut.

Pelantikan Riza tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022 tertanggal 14 April 2020. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement