Rabu 15 Apr 2020 13:59 WIB

Walhi Ingatkan RS Antisipasi Limbah Medis

Sebab ada peningkatan penggunaan barang medis di tengah pandemi Covid-19.

Rumah Sakit Pertamina Jaya ditunjuk menjadi RS khusus penanganan corona.
Foto: dok. RS Pertamina Jaya
Rumah Sakit Pertamina Jaya ditunjuk menjadi RS khusus penanganan corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung mengingatkan rumah sakit untuk mengantisipasi peningkatan limbah medis di tengah pandemi Covid-19. Hal ini agar tidak mencemari lingkungan.

"Di saat pandemi Covid-19 pasti banyak limbah medis, seperti masker, botol disinfektan atau pun limbah lainnya," ujar Direktur Eksekutif Walhi Lampung Irfan Tri Musri, Rabu (15/4).

Ia mengatakan, peningkatan limbah medis perlu diantisipasi oleh rumah sakit agar tidak menumpuk dan mencemari lingkungan. "Rumah sakit perlu mengantisipasi potensi peningkatan limbah medis, sebab ada peningkatan penggunaan barang medis di tengah pandemi Covid-19," kata dia.

Langkah antisipasi potensi peningkatan limbah medis dapat dilakukan dengan menyediakan sarana prasarana penampungan limbah medis. "Pihak rumah sakit dapat mempersiapkan sarana prasarana yang memadai untuk mengelola limbah medis secara mandiri atau dapat bekerja sama dengan pihak ketiga," ujar dia.

Pengelolaan limbah yang baik dan benar, akan mengurangi risiko pencemaran lingkungan serta penggunaan kembali limbah oleh oknum tidak bertanggung jawab.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement