Rabu 15 Apr 2020 00:06 WIB

Pemkot Tangsel Resmikan Rumah Lawan Covid-19

Rumah Lawan Covid-19 berlokasi di Kawasan Pertanian Terpadu Serpong.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyampaikan hasil rapat koordinasi dengan Gubernur, Kepala Daerah, instansi dan stakeholder pendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Se-Tangerang Raya, Tangsel, Senin (13/4).
Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyampaikan hasil rapat koordinasi dengan Gubernur, Kepala Daerah, instansi dan stakeholder pendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Se-Tangerang Raya, Tangsel, Senin (13/4).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang meresmikan Rumah Lawan Covid-19 yang berlokasi di Kawasan Pertanian Terpadu Serpong. Tempat ini didedikasikan untuk pasien Orang Dalam Pengawasan (ODP) dengan rapid test positif dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan yakni tanpa gejala.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tangsel, kepada para CSR, dan semua pihak lainnya yang telah peduli dan memberikan bantuan kepada pemerintah dalam upayanya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini," kata Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dalam keterangannya, Selasa (14/4).

Baca Juga

Dijelaskannya, kepedulian dari seluruh sektor dengan memberikan bantuan merupakan kunci dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, Wali Kota Airin mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menjauhi dan berpikir negatif jika ada seseorang di sekitarnya yang tergolong menjadi ODP ataupun PDP.

Pernyataan tersebut pun sontak, membuat orang nomor satu di Tangsel ini terharu. Air matanya pun berlinang seiring dirinya mengingat suatu kasus saat ada warganya yang tersudutkan akibat memiliki gejala serupa Covid-19. "Tak perlu saya sebutkan wilayahnya, ada seorang warga yang berpengaruh dalam wilayah tersebut yang mengalami gejala. Tiba-tiba anaknya mengkontak saya dan menceritakan bahwa keluarganya dijauhi oleh tetangganya," ucap Airin.

Menurutnya, hal itu tak perlu dilakukan. Sebab untuk melawan virus yang tak terlihat ini, harus dilakukan bersama-sama. Airin berharap agar wabah Covid-19 ini cepat berlalu. Terlebih, dalam waktu dekat ini, bulan suci Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri pun akan segera tiba.

"Kita bersama-sama berikhtiar, dan tentu berdoa agar Covid-19 ini cepat berlalu. Terlebih sebentar lagi bulan puasa. Kita rindu kebersamaan dengan keluarga, semoga Covid-19 ini cepat berlalu," ucap Airin.

Kepala Unit PMI Kota Tangsel, Suhara, menjelaskan, Rumah Lawan Covid-19 dibuat senyaman mungkin oleh Pemkot Tangsel. Sarana dilengkapi dengan fasilitas 148 tempat tidur untuk laki-laki 85 tempat tidur dan Wanita sebanyak 63 tempat tidur.

Fasilitas lainnya adalah tempat tidur untuk pasien dengan adanya extra bed untuk yang membawa anak. Setiap kamar juga memiliki kamar mandi sendiri dan dilengkapi televisi serta akses internet.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement