Selasa 14 Apr 2020 00:35 WIB

Hartadinata Bagikan 1.500 Masker Kain Gratis ke Masyarakat

Masker kain lapis 3 dapat mengurangi tingkat infeksi Covid19 hingga 70 persen.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), salah satu perusahaan yang ada di Bandung, mendonasikan masker kain untuk masyarakat sekitar Bandung.
Foto: Istimewa
PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), salah satu perusahaan yang ada di Bandung, mendonasikan masker kain untuk masyarakat sekitar Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), salah satu perusahaan yang ada di Bandung, mendonasikan masker kain untuk masyarakat sekitar Bandung. Tak hanya itu,  juga Alat Perlindungan Diri (APD) dibagika pada tenaga medis di RS Bandung yang saat ini sedang berjuang di garda terdepan dalam melawan virus corona (Covid19). 

Menurut Chief Executive Officer Hartadinata, Sandra Sunanto, Hartadinata turut prihatin atas bencana Covid19 yang saat ini sedang menimpa Bangsa Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan, Hartadinata turut berpartisipasi menyalurkan 1.500 masker kain untuk masyarakat Bandung. Terutama, yang berada di sekitar Kopo Permai, Kopo Sayati, Sukamenak, Rancamanyar, Cangkuang dan Cibaduyut. 

"Kami juga membagikan 500 masker kain ke masyarakat di daerah Kabupaten Banjarsari," ujar Sandra kepada wartawan, belum lama ini.

Selain itu, Hartadinata juga mendonasikan APD untuk para tenaga medis dengan menyaalurkan ke RS St Borromeus, RS Imanuel, RS Salamun, RS Advent, RS Hasan Sadikin, RSUD Soreang, RS St Yusuf, dan RS Paru Rotin Sulu. 

"Beberapa APD juga kami serahkan ke fasilitas kesehatan yang berada di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Banjar," katanya.

Sandra mengatakan, Hartadinata melihat peran masker kain dan APD sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan tenaga medis, yaitu untuk mengantisipasi risiko tertular Covid19. Pihaknya berharap, donasi ini dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bandung.

"Selain itu, kami juga turut melindungi kesehatan para pekerja, karyawan dan pelanggan dari Covid19, dengan menerapkan langkah-langkah preventif serta standar keamanan diri di pabrik, kantor maupun gerai retail Hartadinata," paparnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker kain bagi masyarakat non petugas medis. Menurut hasil penelitian, masker kain lapis 3 dapat mengurangi tingkat infeksi Covid19 hingga 70 persen. Masker kain yang baik adalah yang menutupi hidung hingga dagu, serta tidak longgar. Adapun, masyarakat dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah menggunakan masker kain, serta mencuci masker dengan sabun secara berkala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement