Senin 13 Apr 2020 10:22 WIB

Jokowi: Jaga Ketersediaan Bahan Pangan Saat Pandemi

FAO telah memperingatkan dampak pandemi Covid 19 terhadap kelangkaan pangan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Layanan jual beli kebutuhan pokok di pasar tradisional
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Layanan jual beli kebutuhan pokok di pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Dalam Negeri agar mengingatkan seluruh kepala daerah untuk menjaga ketersediaan bahan kebutuhan pokok selama pandemi corona ini. Apalagi lembaga Food and Agriculture Organization (FAO) telah memperingatkan dampak pandemi covid-19 ini terhadap kelangkaan pangan dunia.

“Perlu saya ingatkan lagi untuk mungkin ini pak Mendagri agar menjaga gubernur, bupati, walikota diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas laporan tim gugus tugas covid-19 di Istana Merdeka, Senin (13/4).

Jokowi meminta agar kepala daerah dapat mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan-bahan pokok dan juga menjaga kestabilan harga imbas dari wabah corona saat ini. Ia  mengatakan, pemerintah daerah harus mencegah terjadinya kegagalan panen pada Agustus hingga September nanti sehingga tak berdampak pada produksi rantai pasok maupun distribusi bahan pangan.

“Ini peringatan dari FAO agar betul-betul kita perhatikan kita garis bawahi mengenai peringatan bahwa pandemi covid 19 ini bisa berdampak pada kelangkaan pangan dunia, atau krisis pangan dunia. Ini betul-betul harus kita pastikan,” tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement