Senin 13 Apr 2020 10:22 WIB

Polisi Bantu Persalinan Ibu Melahirkan Diberi Penghargaan

Penghargaan juga diberikan kepada polisi ungkap kematian siswi SMP di gorong-gorong

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bilal Ramadhan
Wanita akan melahirkan. ILustrasi
Foto: Sciencemag
Wanita akan melahirkan. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dua anggota Polsek Ciawi, Polres Tasikmalaya Kota, diberikan penghargaan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Senin (13/4). Penghargaan itu diberikan lantaran dua anggota polisi itu diketahui membantu proses persalinan seorang perempuan dalam mobil patroli polisi di wilayah Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

Dua anggota itu adalah Aiptu Endang Rahman dan Aiptu Nana. Ketika itu, Endang adalah polisi yang membantu proses persalinan perempuan itu. Sementara Nana bertugas mengemudikan mobil patroli.

"Kami memberikan penghargaan kepada personel yang telah membantu terhadap seorang warga di Ciawi yang pada saat itu membantu persalinan dalam kondisi kedaruratan," kata Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto, mewakili Kapolda Jabar, Senin (13/4).

Anom mengapresiasi atas prestasi yang diraih anggotanya itu. Sebab, memang sudah merupakan tugas kepolisian untuk melayani warga yang membutuhkan.

Menurut dia, di tengah-tengah darurat pandemi Covid 19, dua anggota tersebut dengan ikhlas berhasil membantu persalinan dalam kondisi darurat di dalam mobil patroli polisi. "Maka atas keikhlasan kinerjanya kami berikan penghargaan terhadap yang bersangkutan," kata dia.

Sebelumnya, seorang perempuan berusia 31 tahun asal Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, melahirkan anaknya dalam mobil patroli polisi pada Selasa (31/1). Peristiwa itu menjadi perbincangan ramai di media sosial setelah seorang anggota polisi mempersilakan sang ibu melahirkan di mobil patroli.

Salah satu anggota Polsek Ciawi, yang ikut membantu proses persalinan itu, Aiptu Endang Rahman mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika itu ia melihat kerumunan orang. Ketika dihampiri terdapat perempuan yang menjerit.

"Saya awalnya saat hendak ke kantor melihat ada kerumunan orang. Ada seorang perempuan menjerit-jerit seperti kesakitan," kata dia.

Ketika dilihat jelas, perempuan itu sedang dalam kondisi hamil. Warga yang berkerumun pun panik. Endang berinisiatif untuk menelepon anggota polisi lain untuk segera mendatangkan mobil patroli ke lokasi. Tujuannya untuk langsung membawa perempuan itu ke tempat persalinan.

Namun, lanjut dia, ketika akan dibawa ke Puskesmas Ciawi, perempuan itu sudah tak kuat dan hendak melahirkan bayinya. Polisi pun langsung memarkirkan mobil di pinggir jalan. Polisi dibantu warga sekitar langsung membantu perempuan itu melahirkan di mobil patroli polisi.

Selain kepada dua personel Polsek Ciawi itu, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya Kota yang telah berhasil mengungkap kasus kejahatan. Salah satunya kepada anggota yang mengungkap kasus kematian siswi SMP di Kota Tasikmalaya yang ditemukan mayatnya di gorong-gorong depan sekolahnya.

Dengan diberikannya penghargaan itu, Anom berharap anggota polisi yang lain dapat termotivasi dalam melakukan tugasnya dengan maksimal. Namun, ia mengingatkan, tugas polisi bukan semata untuk mendapatkan penghargaan, melainkan melayani masyarakat dengan maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement