Ahad 12 Apr 2020 18:05 WIB

Polresta Banyumas Bentuk Kampung Siaga Covid-19

Tujuan pembentukan kampung siaga untuk membangkitkan kesadaran warga soal Covid-19.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Ratna Puspita
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Polresta Banyumas membentuk Kampung Siaga Covid-19, Ahad (14/4). Ketiga kampung tersebut berada di wilayah Kelurahan Sumampir dan Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara.

"Untuk saat ini baru tiga tempat. Rencananya, seluruh kampung yang ada di Kabupaten Banyumas akan kita jadikan kampung siaga," kata Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka.

Baca Juga

Menurutnya, tujuan pembentukan kampung siaga tersebut antara lain untuk membangkitkan kesadaran warga dalam melakukan pencegahan atau antisipasi penyebaran virus Covid-19. "Kalau masyarakat sudah satu suara dalam melakukan pencegahan penularan, kami yakin penyebaran wabah ini bisa dihentikan," katanya.

Dia menyebutkan sementara hanya membentuk tiga kampung, karena untuk memberikan pemahaman mengenai pencegahan penularan COVID 19, harus dilakukan secara bertahap. "Yang di tiga kampung ini dulu yang kita bina. Nanti akan terus kita kembangkan," katanya.

Terhadap waga kampung yang dijadikan Kampung Siaga, pihak Polresta Banyumas memberikan bantuan berupa alat semprot disinfektan, masker kain, alat galon pencuci tangan, spanduk, serta uang kepada pengurus kampung untuk digunakan dalam kegiatan siaga covid-19.

Selain itu, Kapolres juga menyatakan akan berikan sembako pada orang-orang yang tidak mampu. "Kita juga menyebarkan stiker himbauan pencegahan COVID 19, antara lain berupa pencegahan menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan tidak keluar rumah bila tidak penting," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement