Sabtu 11 Apr 2020 02:23 WIB

Pemberlakuan PSBB Perdana Picu Kebingungan Penumpang KRL

Penumpang KRL di Stasiun Manggarai mendapati jawal kereta tak sesuai ketentuan PSBB.

Calon penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta. Penumpang KRL di Stasiun Manggarai mendapati jawal kereta tak sesuai ketentuan PSBB.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta. Penumpang KRL di Stasiun Manggarai mendapati jawal kereta tak sesuai ketentuan PSBB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara perdana pada jadwal pemberangkatan kereta rel listrik (KRL) memicu kebingungan penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat sore. Mereka mendapati kereta sudah tidak beroperasi sebelum batas akhir.

"Kereta dari Bogor tujuan Stasiun Bekasi habis pukul 17.14 WIB, padahal ketentuan PSBB jam 18.00 WIB," kata penumpang tujuan Bekasi, Fergi Maulidya (27) di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Puluhan penumpang memprotes ketiadaan kereta tujuan Bekasi sebelum berakhirnya jam operasional sesuai ketentuan PSBB. Puluhan penumpang tujuan Bekasi di Stasiun Manggarai, menuding operator tidak konsisten pada aturan pemerintah.

"Jadi tadi saya dari Pasar Minggu, jam 16.30 WIB, sampai di Stasiun Manggarai jam 17.30 WIB, tapi kereta yang ke arah Bekasi sudah habis. Terakhir operasional jam 17.14 WIB," kata perempuan warga Kota Bekasi, Jawa Barat, yang baru pulang dari tempat kerja di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Puluhan penumpang dengan tujuan Bekasi, menurut Fergi, telantar di Stasiun Manggarai karena kereta dari arah Bogor lama sampai di stasiun. Sejumlah penumpang sempat emosi dan memprotes operator stasiun.

Penumpang pun mendatangi ruang informasi stasiun untuk menanyakan kepastian jadwal pemberangkatan ke Bekasi. Menurut keterangan salah satu petugas Stasiun Manggarai, jadwal PSBB pada pukul 18.00 WIB dihitung berdasarkan waktu tiba kereta di Stasiun Bekasi.

"Jam 18.00 WIB itu estimasi waktu hingga ke tempat tujuan akhir (Stasiun Bekasi)," kata Fergi.

Dihubungi secara terpisah, Humas PT KCI Anne Purba mengatakan KRL dari Stasiun Manggarai tujuan Bekasi tiba pukul 17.14 WIB. Kereta akan lewat Stasiun Cakung pukul 18.00 WIB.

"Kalau setiap stasiun harus pukul 18.00 WIB tidak mungkin," katanya.

Mengingat saat ini masih tahap sosialisasi, menurut Anne, pihaknya Jumat ini memberangkatkan tiga rangkaian KRL, satu rangkaian ke Bekasi dan satu rangkaian ke Bogor. Dengan begitu, penumpang yang sudah di Manggarai bisa naik," katanya.

Anne mengatakan, PT KCI selalu memberikan informasi pemberangkatan kereta terakhir melalui aplikasi Twitter dan KAI Access juga pengumuman langsung di setiap stasiun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement