Rabu 08 Apr 2020 22:05 WIB

Mengenal Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly

Meningitis adalah peradangan selaput pelindung yang menutupi otak.

Penyanyi Glenn Fredly
Foto: republika
Musisi Glann Fredly meninggal dunia.

3. Sasaran Kelompok Usia

A. Anak-anak

Pada bayi berusia setahun, merupakan populasi yang paling rentan. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 6-10 persen dari anak-anak berusia di bawah 12 bulan yang terkena penyakit ini bila tidak ditangani kemungkinan dapat meninggal dunia.

B. Remaja dan dewasa

Untuk kategori ini, faktor perubahan gaya hidup seperti merokok, bepergian, dan mengunjungi klub malam, menjadi penyebab tingginya angka resiko. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) menyebutkan, mereka yang terjangkit penyakit ini pada usia 15-24 tahun dapat berakibat fatal. Kelompok umur ini pula yang mempunyai kemungkinan lebih besar menjadi pembawa dan menularkan bakteri pada keluarga dan teman-teman.

C. Lanjut usia

Daya tahan tubuh menjadi faktor yang menyebabkan kelompok ini rentan terhadap Meningokokus.

photo

Musisi Glenn Fredly.

4. Pencegahan

Vaksinasi. Biasanya vaksinasi ini diberikan pada usia beresiko seperti remaja dan orang-orang yang melakukan perjalanan ke daerah endemik. Selain itu, stamina perlu ditingkatkan seperti mengonsumsi makanan dan minuman serta suplemen.

5. Jenis Meningitis

A. Meningitis bakteri

Penderita meningitis bakteri biasanya perlu mendapatkan perawataan di rumah sakit selama beberapa waktu. Perawatan meningitis bakteri diberikan antibiotik langsung ke pembuluh darah, cairan diberikan langsung ke vena, dan oksigen lewat masker wajah. Penderita meningitis bakteri yang dirawat dengan cepat dapat sembuh total.

Walaupun, beberapa kasus mempunyai masalah serius jangka panjang, seperti gangguan pendengaran, kehilangan penglihatan, masalah konsentrasi, kejang berulang, masalah koordinasi, pergerakan, dan keseimbangan. Secara keseluruhan, 1 dari setiap 10 kasus meningitis bakteri berakibat fatal.

B. Meningitis virus

Meningitis virus cenderung membaik dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari dan dapat diobati tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Perawatan meningitis virus dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, minum obat penghilang rasa sakit dan obat yang dapat meringankan gejala-gejalanya. Meningitis virus biasanya membaik dengan sendirinya dan jarang berjangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement