Selasa 31 Mar 2020 11:00 WIB

Bandara Ngurah Rai Terapkan Layanan Konsumen Daring

Penumpang berinteraksi dengan petugas bandara berinteraksi melalui layar di konter.

Bandara Ngurah Rai Terapkan Layanan Konsumen Daring. Suasana Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Foto ilustrasi.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Bandara Ngurah Rai Terapkan Layanan Konsumen Daring. Suasana Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menerapkan layanan konsumen secara daring atau online lewat telekonferensi. Langkah ini sebagai upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pengguna jasa bandara di tengah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

"Online customer service ini merupakan implementasi dari upaya social distancing dan physical distancing dalam upaya kami untuk meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19 di lingkungan bandar udara," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry AY Sikado, Selasa (31/3).

Baca Juga

Ia menjelaskan dalam layanan pelanggan secara daring tersebut, mekanisme yang dilakukan sama seperti operasional customer service seperti biasanya. "Hanya saja, penumpang yang ingin bertanya tidak lagi bertatap muka secara langsung dengan petugas kami, melainkan interaksi melalui layar yang disediakan di konter customer service," katanya.

Saat ini, petugas layanan pelanggan yang sebelumnya bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandar udara di sejumlah konter customer service, ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan layanan yang dioperasikan berbasis telekonferensi. Herry mengatakan, layanan online customer service telah tersedia di lima titik di terminal penumpang, yaitu pada lobi terminal keberangkatan internasional dan lobi terminal kedatangan internasional.

Selanjutnya, ruang tunggu terminal keberangkatan internasional, area check-in konter terminal keberangkatan domestik serta di ruang tunggu terminal keberangkatan domestik. Menurutnya, penerapan layanan tersebut akan dilakukan hingga nantinya situasi membaik.

Untuk membantu memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam menggunakan layanan ini, ia juga telah menyediakan panduan penggunaan layanan pada layar monitor TV yang berada di gerai customer service. "Dengan adanya layanan ini, kami berharap seluruh pengguna jasa dapat lebih merasa aman dan nyaman dengan tetap tidak mengurangi kualitas layanan," ujar Herry.

Ia terus mengimbau seluruh pengguna jasa bandar udara untuk mengikuti aturan yang ada guna pencegahan penyebaran Covid-19, seperti menerapkan jaga jarak di area bandar udara, menggunakan hand sanitizer serta menerapkan pola hidup bersih demi keamanan dan kesehatan bersama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement