Selasa 31 Mar 2020 10:26 WIB

Tanah Datar Siapkan Rp 7 Miliar Tangani Covid-19

Uang Rp 7 miliar tersebut termasuk ke dalam dana Belanja Tidak Terduga APBD

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Kegiatan penyemprotan disinfektan di Kabupaten Tanah Datar|.
Foto: dok. Humas RSUD MA Hanafiah
Kegiatan penyemprotan disinfektan di Kabupaten Tanah Datar|.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sudah menyiapkan dana sebesar Rp 7 Miliar untuk penanganan virus Corona (Covid-19). Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Datar Irwandi mengatakan uang senilai Rp 7 miliar tersebut termasuk ke dalam dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Tanah Datar.

"Pimpinan daerah sudah menyetujui penganggaran awal yang menggunakan Dana BTT APBD Tanah Datar sebesar Rp 7 miliar lebih," kata Irwandi, Selasa (31/3).

Irwandi menyebut dana BTT ini akan dipakai untuk membeli sejumlah hal pokok terutama Alat Pelindung Diri (APD) lengkap termasuk masker. Selain itu, dana BTT ini menurut Irwandi juga buat membiayai operasional posko-posko hingga ke kecamatan dan posko-posko pintu masuk Tanah Datar.

"Juga termasuk buat biaya edukasi masyarakat, instentif bagi petugas. Diharapkan satu atau dua hari ini bisa dicairkan,” ucap Irwandi.

Untuk membeli sejumlah keperluan mendesak ini menurut Irwandi tetap akan mengacu pada proses pengadaan barang dan jasa. Tapi bila sebelumnya untuk pembelian Rp 200 juta ke atas harus dengan mekanisme lelang, sekarang karena situasi yang cukup urgent bisa penunjukkan langsung oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Seperti diketahui di Tanah Datar saat ini sudah terdapat satu pasien positif covid-19 yang sudah diisolasi di RS Achmad Muchtar Bukittinggi, Orang Dalam Pemantauan sebanyak 174 orang, Pasien Dalam Pengawasan 4 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement