Senin 30 Mar 2020 20:48 WIB

Berbagi Makanan di Tengah Pandemi Covid-19 adalah 'Obat'

Untuk membantu program di rumah saja, SSB Lebak Bulus bagikan 500 porsi soto gratis.

Rep: Mabruroh/ Red: Andi Nur Aminah
Restoran Soto Seger Boyolali Hj Amanah di Lebak Bulus Jakarta Selatan membagikan 500 porsi soto secara gratis akibat pademi Covid-19.
Foto: SSB
Restoran Soto Seger Boyolali Hj Amanah di Lebak Bulus Jakarta Selatan membagikan 500 porsi soto secara gratis akibat pademi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Bagikan Makanan di Tengah Pandemi Corona adalah Obat untuk Masyarakat

Baca Juga

JAKARTA -- Wabah virus corona yang melanda Indonesia membuat sebagian rumah makanan memilih untuk menutup sementara. Selain untuk menghindari tempat makan sebagai lokasi orang berkumpul, juga untuk mendukung program pemerintah bekerja dari rumah, ibadah di rumah dan belajar di rumah.

Namun banyaknya rumah makan yang tutup, tidak terjadi pada rumah makan Soto Seger Boyolali (SSB) Hj Amanah. Rumah makan yang salah satu cabangnya berada di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini justru sibuk membagi-bagikan 500 porsi soto secara gratis untuk masyarakat di sekitar. Mereka juga tetap membuka sistem delivery untuk yang ingin memakan soto di rumah.

CEO SSB, Ubaidilah mengatakan SSB memiliki tiga cabang, yakni di Lebak Bulus, Pamulang, dan di Karawang. Namun yang membuka program 500 porsi gratis hanya SSB di Lebak Bulus dan Pamulang.

Ia tidak menampik sejak adanya kebijakan mengurangi kegiatan di luar rumah sangat berdampak pada usahanya. Kendati demikian, ia tidak berkecil hati. Justru Ubaidilah ingin turut membantu program di rumah saja dengan membagikan 500 porsi soto secara gratis. Langkah ini telah dilakukan sejak 26 Maret hingga 31 Maret 2020 besok.

"Ya namanya berbagi tapi yang jelas kita melakukan ini dengan apa yang bisa kita lakukan. Sekarang kan sedang berlomba-lomba, berkontribusi, memang secara sales dengan kondisi begini kita semua turun, yang namanya restoran kena imbas, buat saya ini obatnya berbagi dan berbagi optimisme," kata Ubaidilah kepada Republika.co.id, Senin (30/3).

Selain 500 porsi soto gratis, Ubaidilah yang juga owner Resto Ayam Geprek Juara ini mengatakan, rumah makannya juga masih membuka sistem delivery bagi masyarakat yang ingin makan di rumah. Dengan begitu, ia berharap masih bisa membantu masyarakat yang ingin memesan makanan.

"Anjuran di rumah saja ini otomatis (pendapatan) jadi berkurang drastis, jadi ya jalan keluarnya dengan melakukan delivery," ungkapnya.

Di kondisi normal, SSB buka sejak pukul 06.00 WIB sampai 22.00 WIB. Namun sementara waktu selama pandemi Covid-29, SSB hanya buka pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Menu yang ditawarkan ada dua macam, yakni Soto Ayam Kampung dan Soto Daging Sapi. Masyarakat yang ingin mendapatkan soto gratis ini bisa menghubungi 081357371715 SSB Pamulang dan 08118956560 SSB Lebak Bulus.

Masyarakat hanya perlu mengisi format mengikuti program gratis tersebut serta mengisi alamat rumah. Kemudian kurir SSB akan mengantarkan langsung makanan ke rumah-rumah. Namun untuk waktu pengiriman hanya ada dua kali dalam satu hari, yakni pengiriman pukul 10.00-11.00 WIB dan pengiriman pukul 17.00-18.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement