Kamis 26 Mar 2020 19:36 WIB

Alfamart Fasilitasi UMKM Purbalingga Pamerkan Produk

Untuk sementara, produk UMKM Purbalingga akan dipajang di 37 gerai Alfamart.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Karyawan melintas di depan lemari pendingin minuman kemasan di salah satu gerai Alfamart.
Foto: NOVA WAHYUDI/ANTARA FOTO
Karyawan melintas di depan lemari pendingin minuman kemasan di salah satu gerai Alfamart.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Perusahaan ritel Alfamart, akan memfasilitasi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Purbalingga untuk memamerkan produknya di gerai mereka. Produk UMKM asal Purbalingga, nantinya akan dipajang di seluruh gerai Alfamart yang tersebar di Jawa Tengah bagian barat dan Jawa Barat bagian Timur.

''Alfamart telah bersedia menyediakan space di gerai-gerai mereka, untuk menjadi etalase produk UMKM Purbalingga,'' ucap Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UKM Purbalingga, Adi Purwanto, Kamis (26/3).

Baca Juga

Totalnya, ada sekitar 460 outlet yang siap menjual produk UMKM asal Purbalingga. Adi berharap, produk UMKM asal Purbalingga, untuk sementara bisa memenuhi permintaan 37 outlet Alfamart yang ada di Purbalingga terlebih dahulu. Terutama menjelang Ramadhan dan Lebaran 2020.

Sebelumnya, pihak Alfamart telah melaksanakan pertemuan dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi untuk membicarakan format pemasaran produk UMKM Purbalingga di Alfamart. Pertemuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan kedua bersama Dinas Koperasi dan UKM, yang membahas teknis pemasaran produk UMKM Purbalingga di Alfamart.

Saat ini, kata Adi, ada sekitar 27-35 produk UMKM Purbalingga yang sedang  diseleksi agar agar bisa dijual di Alfamart. ''Untuk proses seleksi, kita melibatkan orang Alfamart. Mereka akan ikut menilai, produk mana yang layak masuk gerai mereka,'' katanya.

Menurut Adi, produk yang diseleksi, kebanyakan merupakan produk makanan kecil. Sedangkan mekanismenya, menggunakan format titip jual. ''Kami brharap, peluang ini bisa dimanfaatkan betul oleh para pelaku UMKM sehingga omset bisa semakin bertambah dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan mereka,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement