Selasa 24 Mar 2020 15:51 WIB

RSPAU Dr. S Hardjolukito Mampu Tampung 151 Pasien Corona

RSPAU dr. S Hardjolukito sudah menyiapkan gedung tiga lantai untuk pasien corona.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Erik

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang menyiapkan rumah sakit khusus untuk penanganan terkait virus corona (Covid-19). Ada dua rumah sakit yang akan dijadikan sebagai pusat penanganan Covid-19 di DIY, yaitu RSUP dr. Sardjito dan RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Saat ini, RSPAU dr. S Hardjolukito tengah mempersiapkan diri dengan melengkapi fasilitas yang diperlukan dalam penanganan Covid-19 ini. Humas RSPAU dr S. Hardjolukito, Letkol Agung mengatakan, pihaknya bekerja sama dan saat ini masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DIY.

"Saat ini Kepala RSPAU dr. S Hardjolukito sedang melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Pemprov DIY. Setelah itu baru ada gambaran kapan (beroperasi) bisa dimulai," kata Agung di Yogyakarta, Senin (23/3).

Ia menyebut, RSPAU dr. S Hardjolukito sendiri sudah menyiapkan gedung dengan tiga lantai yang dijadikan sebagai tempat khusus isolasi. Kapasitas gedung ini bisa menampung 151 pasien isolasi.

Untuk itu, Agung berharap, digunakannya RSPAU Dr. S Hardjolukito sebagai salah satu tempat terkonsentrasinya penanganan Covid-19 ini dapat segera dilakukan. Sehingga, penanganan terhadap pasien pun dapat dilakukan dengan segera.

"Tapi dipastikan akan ssegera beroperasi, mengingat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan semakin tinggi," ujarnya.

Ia juga berharap pihaknya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam menangani pandemi wabah corona tersebut. Hal ini, katanya, juga sebagai antisipasi jika masyarakat yang terinfeksi Covid-19 di DIY semakin bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement