Ahad 22 Mar 2020 16:09 WIB

Warga Pangandaran Geger Lihat Macan Tutul di Jalan

Warga Pangandaran melihat macan tutul berkeliaran di jalanan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Reiny Dwinanda
Macan tutul jawa (Phantera pardus melas. Warga Pangandaran melihat macan tutul berkeliaran di jalanan.
Foto: Abdan Syakura_Republika
Macan tutul jawa (Phantera pardus melas. Warga Pangandaran melihat macan tutul berkeliaran di jalanan.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Seekor macan tutul jawa (Panthera pardus melas) terlihat warga di Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Keberadaan macan tutul itu sempat direkam oleh salah seorang warga saat melintas di jalan.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Pangandaran, Uking Iskandar, mengatakan bahwa berdasarkan laporan warga, macan tutul itu pertama terlihat pada Kamis (19/3). Satwa dilindungi tersebut melintas ketika warga ramai-ramai berjalan.

Baca Juga

"Jadi warga melihat macan itu ketika mau melaksanakan perayaan Isra Miraj," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (22/3).

Menurut Uking, pada Jumat (20/3), macan itu dilaporkan kembali terlihat oleh warga. Tim KSDA pun langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pengawasan.

Uking mengatakan, sejak Sabtu (21/3) macan tutul itu tak lagi terlihat. Uking menjelaskan, macan tutul itu tak mengganggu manusia atau hewan ternak. Macan itu hanya melintas, lantaran tempat itu memang dikenal sebagai habitat macan tutul.

"Tak ada warga dan hewan ternak jadi korban. Ada juga bangkai lutung diduga habis dimangsa macan," kata dia.

Uking mengimbau warga tak perlu panik dengan kemunculan macan tutul tersebut. Jika ada yang kembali melihat macan, warga diminta segera melaporkan ke pihak BKSDA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement