Kamis 19 Mar 2020 02:01 WIB

Kodam XVII/Cenderawasih Bangun Posko Penanganan Corona

Posko penanganan corona dibangun di Jayapura.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil
Kodam XVII/Cenderawasih Bangun Posko Penanganan Corona. Foto: Ilustrasi virus corona masuk Indonesia(MgIT03)
Foto: MgIT03
Kodam XVII/Cenderawasih Bangun Posko Penanganan Corona. Foto: Ilustrasi virus corona masuk Indonesia(MgIT03)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangdam XVII/Cenderawasih memerintahkan Kakesdam XVII/Cenderawasih untuk mendirikan posko pemantauan serta penanganan virus corona (Covid-19). Posko tersebut didirikan di RS Marthen Endey, Jayapura.

"Kodam XVII/Cenderawasih telah siap membantu pemerintah provinsi Papua dalam menghadapi pandemi global. WHO telah menyatakan pandemi global itu wabah yang telah menyebar di seluruh dunia," jelas Karumkit TK II Marthen Endey, Kolonel Ckm Budi S, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/3).

Baca Juga

Ia menjelaskan, pendirian posko tersebut merupakan salah satu upaya Kodam XVII/ Cenderawasih untuk mengantisipasi virus Covid-19 di wilayah Jayapura dan Papua pada umumnya. Menurutnya, sejauh ini posko tersebut belum merawat pasien yang terjangkit Virus Covid-19. Namun, posko tetap disiagakan sesuai standar yang ditetapkan.

RS TK II Marthen Endey telah menyediakan 30 tempat tidur untuk dijadikan tempat perawatan. Itu disiapkan sebagai langkah antisipasi bila terjadi peningkatan jumlah pasien Covid-19. Di depan IGD juga telah disediakan tim dan ruang isolasi diperuntukan bagi pasien terinveksi Virus Covid-19.

Budi berharap Prajurit TNI dan seluruh masyarakat Papua tidak panik atau takut akan Covid-19. Ia mengajak seluruh pihak untuk menerapkan pola hidup yang bersih dan disiplin, seperti makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, kemudian berolahraga yang teratur sehingga memiliki daya tahan tubuh yang baik guna menangkal inveksi virus tersebut.

"Bagi mereka yang mempunyai risiko tinggi, usia di atas 50 tahun dan mempunyai riwayat penyakit diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya diharapkan memeriksakan diri dan keluarganya secara rutin. Apabila ada keluhan kesehatan segera ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement