Ahad 15 Mar 2020 17:48 WIB

Kiat Cegah Virus Corona Saat Mengemudi

Beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran corona saat mengemudi.

Rep: Eric Iskandarasyah Z/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mengemudi. Ilustrasi
Foto: http://www.sussexsaferroads.gov.uk
Mengemudi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Penyebaran corona tengah meluas di Indonesia. Masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan untuk mengantisipasi terinfeksi Covid-19. Termasuk saat berkendara atau mengemudi.

Aftersales Division Head Auto 2000 Ricky Martawijaya menyampaikan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah transimisi virus saat mengemudi.

Langkah pertama adalah dengan membersihkan tangan saat sebelum dan sesudah mengemudi. Mengingat, tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman dan termasuk menjadi media perantara berpindahnya virus corona.

“Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi tertular penyakit. Jangan lupa untuk membawa masker dan menggunakannya ketika merasa sakit seperti demam, pilek, dan batuk. Apalagi kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil,” ujarnya.

Kedua, selalu membawa hand sanitizer. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan cairan itu sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam kemasan 60 hingga 100 mililiter.

Selanjutnya, jangan lupa bersihkan kabin mobil. Mengingat, corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi virus ini. Alhasil, wajib hukumnya bagi pengendara untuk membuat kabin mobil selalu bersih.

“Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual di toko online atau toko aksesoris mobil. Untuk bahan kulit bisa menggunakan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi,” kata dia.

Selanjutnya, pengendara juga perlu menyemprotkan antibakteri ke dalam kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dashboard. Beberapa antibakteri kini pun dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman.

Sementara bagi konsumen yang merasa kurang nyaman keluar rumah untuk mencari info seputar pembelian atau perawatan kendaraan, bisa memanfaatkan layanan berbasis digital yang dimiliki oleh dealer atau penyedia jasa kendaraan.

Konsumen juga bisa memilih jasa perawatan kendaraan di rumah masing-masing berdasarkan layanan yang disediakan. "Sehingga, konsumen dapat bersantai bersama keluarga di rumah saat mobil sedang di service,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement