Sabtu 14 Mar 2020 12:49 WIB

IDAI Minta Pemerintah Lakukan Lockdown Kota Tertentu

Lockdown bisa diberlakukan di kota-kota yang sudah terdapat pasien positif Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
 Ilustrasi Lockdown(Tim Republika)
Foto: Tim Republika
Ilustrasi Lockdown(Tim Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan pemerintah untuk melakukan lockdown. Setidaknya, lockdown diberlakukan di kota-kota yang sudah terdapat pasien positif Covid-19.

Ketua Umum IDAI Dr Aman Pulungan menilai, lockdown adalah solusi efektif guna menekan penyebaran virus Covid-19, khususnya bagi anak-anak. Diketahui, saat ini pemerintah telah mengonfirmasi dua kasus Covid-19 pada balita. Menurut Aman, dua kasus tersebut baru tahap awal, karena wabah Covid-19 belum memasuki puncak.

“Kalau kita sayang dengan 90 juta anak Indonesia, saya sarankan sebaiknya kita melakukan lockdown. Paling tidak di kota-kota yang saat ini ada penderitanya,” kata Aman, Sabtu (14/3).

Aman mengingatkan kepada orang tua yang bekerja dan terekspos keramaian untuk menjaga jarak dengan anak sebelum membersihkan dirinya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, pun jika anak sakit maka energi orang tua akan habis dan berisiko untuk sakit.

“Jadi bagi para orang tua setelah bekerja atau dari keramaian, sampai ke rumah, mandi, kemudian ganti baju, cuci tangan dan lain-lain. Semua orang harus hati-hati,” tegas Aman.

Dia juga mengimbau agar orang tua tidak membawa anak ke tempat-tempat ramai. Selain itu, anak jangan dibiasakan cium tangan kepada yang lebih tua. Begitupun anak balita, Aman mengimbau agar tidak dicium-cium lagi.

"Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih di rumah. Anak-anak sebaiknya tidak dibawa ke kerumunan, anak jangan dibiasakan lagi cium ke orang tua, anak balita juga jangan dicium-cium lagi," kata dia.

Virus corona tipe baru atau Covid-19 telah menjadi pandemi global. Virus ini telah menyebar ke lebih dari 120 negara, menginfeksi 130 ribu orang lebih, sekitar 4.900 orang meninggal, dan lebih dari 68 ribu telah sembuh.

Di Indonesia sendiri, telah ada 69 kasus yang dikonfirmasi positif terinfeksi virus Covid-19. Di antara 69 tersebut, 4 orang telah dinyatakan meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement