Sabtu 14 Mar 2020 12:42 WIB

Dinkes Sumbar Dirikan Posko Covid-19

Posko Covid-19 ini buka di setiap jam kerja.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Petugas memantau data penyebaran corona di Posko Tanggap Covid-19
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas memantau data penyebaran corona di Posko Tanggap Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat meningkatkan kewaspadaan terkait virus corona dengan mendirikan posko Covid-19. Posko ini terletak di lantai satu Kantor Dinkes Sumbar. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar, Linarni Jamil menyebut posko ini buka di setiap jam kerja.

"WHO sudah menyatakan academy Covid-19, maka peningkatan kewaspadaan perlu dilakukan. Salah satunya dengan mendirikan posko," kata Linarni, Sabtu (14/3).

Linarni menyebutkan Posko Covid-19 ini juga didirikan di setiap Dinas Kesehatan tingkat kabupaten dan kota di seluruh wilayah Sumatera Barat. Selain itu, lanjut Linarni, posko ini juga menerima notifikasi orang dalam pemantauan melalui Health Alert Card (HAC) yang diberikan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Kartu ini akan diteruskan ke Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk memantau orang yang pulang dari luar negeri tadi,"  ucap Linarni.

Hingga saat ini, Dinkes Sumbar telah melakukan pemantauan terhadap 162 orang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona. Ratusan warga tersebut merupakan orang-orang yang punya riwayat perjalanan keluar negeri.

Warga yang dalam pemantauan ini diberkan HAC. Para warga ini rata-rata baru kembali dari perjalanan ke Arab Saudi dan Malaysia.

"Semua warga yang pulang dari daerah yang terjangkit (corona), kami akan langsung memasukkan ke kriteria orang dalam pemantauan. Jadi semua kami pantau dari HAC," ucap Linarni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement