Selasa 10 Mar 2020 16:36 WIB

Emil Minta Imam Masjid Bacakan Qunut Nazilah

Masyarakat dihimbau menjauhi berita hoaks terkait COVID-19.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Pemprov Jabar terus melakukan berbagai upaya di lapangan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai negara penganut Pancasila, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerukan masyarakat mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Caranya dengan memperbanyak taubat, berdoa, dan khusus muslim lebih banyak berwudhu tidak hanya terpaut waktu akan shalat saja. 

“Secara keagamaan kita memperbanyak taubat dan memperkuat ibadah kita,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Selasa (10/3). 

Emil pun meminta para imam di masjid membaca qunut nazilah, yaitu doa penangkal malapetaka yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW. “Rasulullah contohkan di setiap rakaat terkakhir salat fardu. Afdolnya di shalat Ashar dan Isya,” kata Emil.

Emil pun mengimbau, masyarakat menjauhi berita hoaks terkait COVID-19. “Tolong edukasi, jangan sharing berita-berita yang tidak pasti. Kalau beritanya belum muncul di kantor-kantor berita utama atau media-media terpercaya, asumsikan berita itu tidak layak untuk dibagikan. Tapi kalau beritanya sudah ada, berarti berita yang beredar faktual,” paparnya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement