Selasa 10 Mar 2020 04:30 WIB

Kadinkes Pastikan tak Ada Warga Batam Positif Corona

Hasil pemeriksaan swab puluhan warga di Batam negatif corona.

Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (4/2/2020).(Antara/M Risyal Hidayat)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (4/2/2020).(Antara/M Risyal Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Kepulauan Riau, Didi Kusmarjadi memastikan tidak ada warga setempat yang terdeteksi positif Covid-19 hingga Senin (9/3). Dinkes Batam telah memeriksa puluhan swab warga sejak kasus ini merebak.

"Hasil pemeriksaan swab, negatif semua," kata Didi di Batam.

Otoritas kesehatan setempat telah memeriksakan swab dari puluhan warga yang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan sejak awal kasus itu merebak. Pemeriksaan itu termasuk 12 anak buah kapal dan 14 warga setempat yang melakukan kontak dekat dengan WN Singapura positif Covid-19 dan enam orang pasien dalam pengawasan di rumah sakit.

Didi menyatakan, dari seluruh pemeriksaan swab yang dikirim ke Jakarta, tinggal lima yang hasilnya masih menunggu. "Masih ada yang pending. Lima lagi belum keluar. Cuma enggak tahu yang mana," kata Didi.

Sebelumnya, pada Ahad (8/3) Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana menyatakan, dari 82 spesimen swab yang diambil dari orang dalam pengawasan dan pasien dalam pengawasan, yang hasilnya sudah keluar sebanyak 51.

"Semuanya negatif," kata dia.

Yang negatif, Tjetjep melanjutkan, termasuk dokter dan perawat serta sembilan orang yang dikarantina di Asrama Haji Batam karena pernah melakukan kontak dekat primer dan sekunder dengan WN Singapura positif Covid-19. Hasil pemeriksaan anak buah kapal yang dikarantina di atas kapal yang pernah ditumpangi WN Singapura positif Covid-19 juga negatif.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement