Jumat 06 Mar 2020 01:16 WIB

Ini Alasan PT KCI Belum Beli Kereta dari Inka

KRL membutuhkan train set 12 gerbong yang belum pernah diproduksi INKA.

Sejumlah rangkaian KRL terparkir di Depo Depok, Jawa Barat.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah rangkaian KRL terparkir di Depo Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai pengelola KRL komuter mengungkapkan alasan belum menggunakan kereta produksi PT Inka (Persero) dan malah membeli kereta bekas dari Jepang. Operasional KRL komuter di Jabodetabek membutuhkan train set 12 gerbong yang belum pernah diproduksi Inka.

"Kita sebenarnya ada rencana mau beli dari Inka, tapi bagian teknis harus dipahami dulu. Kebutuhan satu train set 12 gerbong (kereta) dan Inka belum pernah memproduksinya. Makanya harus dimatangkan dahulu teknisnya," kata Direktur Teknik KCI, Saridal, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (5/3).

Baca Juga

Saridal menjelaskan, KCI pernah menggunakan 10 train set yang setiap setnya terdiri atas empat gerbong dari BUMN tersebut. Namun, KCI kemudian mengembalikan kereta-kereta itu untuk dapat diperbaiki.

"Karena banyak gangguan, banyak dikomplain oleh masyarakat, jadi dikembalikan. Saya minta diperbaiki. Kalau sudah selesai, dikembalikan. Sampai setahun ini belum ada satu pun yang dikembalikan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama KCI Wiwik Widayanti mengakui perusahaan memang ingin bisa membeli sarana kereta baru, bukan bekas seperti yang saat ini dilakukan. Namun, menurut dia, perusahaan kereta di Indonesia belum membuat sarana perkeretaapian sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

"Di samping itu, kita juga membutuhkan sarana dalam waktu cepat karena kebutuhan untuk pelayanan juga makin tinggi. Jadi, yang selama ini dilakukan hingga 2020 kami melakukan pembelian dari Jepang," katanya.

Kendati demikian, Wiwik menegaskan, tidak menutup kemungkinan kelak perusahaan akan memasok kebutuhan operasional dengan sarana buatan dalam negeri. Ia menambahkan, pembelian kereta bekas dari Jepang tidak hanya untuk sarana, tetapi juga dilengkapi dukungan suku cadang dan bantuan teknis.

"Tingkat gangguannya cukup rendah KRL dari Jepang. Walaupun bekas, tapi keandalannya tetap kami jaga dengan peralatan yang sesuai dengan apa yang dilakukan di Jepang. Dengan suku cadang dari sana juga bantuan teknis kami datangkan dari Jepang," katanya.

Sepanjang 2019 KCI telah mendatangkan 168 unit kereta sehingga saat ini telah ada 1.100 kereta yang beroperasi di wilayah Jabodetabek. Pada 2020 anak perusahaan PT KAI (Persero) itu akan kembali mendatangkan 120 unit kereta sehingga stamformasi dengan 10 dan 12 kereta bisa lebih banyak.

"Untuk tahun ini, dari 120 kereta, sudah datang tiga train set atau 24 kereta," kata Wiwik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement