Rabu 04 Mar 2020 23:41 WIB

Jambi Perbanyak Titik Taman Kota

Jambi memperbanyak titik-titik taman kota guna mendukung konsep Smart City

Taman Ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Taman Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jambi memperbanyak titik-titik taman kota sebagai salah satu upaya mendukung ‘smart city’ dan menambah estetika kota. “Selain menambah estetika kota, taman kota di Kota Jambi dibangun dengan konsep untuk mendukung 'smart city', karena sejumlah taman kota sudah dilengkapi dengan wifi,” kata Kepala Bidang Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Doddy Hidayat di Jambi, Rabu (4/3).

Saat ini sudah terdapat 54 taman kota di Kota Jambi. Jumlah taman-taman kota tersebut akan di tambah. Dimana dalam satu tahun Pemerintah Kota Jambi menambah enam sampai tujuh titik taman kota. Begitu pula dengan taman-taman kota yang akan dilengkapi dengan wifi. Secara bertahap wifi tersebut akan di pasang di taman-taman kota.

Dengan dilengkapi wifi, masyarakat lebih responsif melakukan aktifitas-aktifitas positif di luar ruangan. Terutama aktifitas yang dilakukan di taman-taman kota.

“Dengan dilengkapi wifi, anak-anak sekolah dapat mengerjakan tugas sambil melakukan aktifitas di taman,” kata Doddy Hidayat.

Selain itu, konsep yang diusung dalam pembangunan taman di Kota Jambi lebih kepada rekreasi dan edukasi. Dimana sejumlah taman kota di Kota Jambi dilengkapi dengan pentas dan tribun. Pentas-pentas dan tribun tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya kaum milenial menyalurkan kreatifitas dan melakukan aktifitas yang positif.

Dan yang terpenting, taman-taman kota tersebut dibangun untuk menunjang Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dimana saat ini RTH Kota Jambi baru mencapai 12,7 persen. Sementara amanat dari undang-undang, pemerintah daerah dan kota harus memiliki RTH sebesar 30 persen, terdiri dari 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat.

“Kendala kita yakni lahan untuk membangun RTH tersebut, karena di Kota Jambi sudah sulit untuk mencari lahan yang luas untuk membangun RTH tersebut,” kata Doddy Hidayat.

Dijelaskan Doddy Hidayat, Pemerintah membangun taman kota tersebut dengan memanfaatkan lahan kosong yang terdapat di median-median jalan dan memanfaatkan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).

“Kita juga meminta kepada masyarakat untuk menjaga taman-taman kota yang telah dibangun ini, mari kita jaga dan rawat bersama agar Kota Jambi menjadi kota indah dan ramah lingkungan,” kata Doddy Hidayat.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement