Rabu 04 Mar 2020 18:34 WIB

DPR Tengah Bahas Pembentukan Desk Corona

DPR akan membentuk kelompok atau tim membahas wabah virus Covid-19 atau corona.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Gita Amanda
DPR tengah bahas pembentukan desk corona.
Foto: republika
DPR tengah bahas pembentukan desk corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Melki Laka Lena menyebut bahwa DPR membuka peluang untuk membentuk kelompok atau tim yang membahas wabah virus Covid-19 atau corona. Rencananya, kelompok ini akan melibatkan lintas fraksi dan komisi.

"Untuk mempertimbangkan semua komisi terkait corona duduk, dari Komisi I, II, III, VIII, IX, XI duduk dulu deh untuk bahas responsnya gimana," ujar Melki saat dihubungi, Rabu (4/3).

Tugas dari desk corona ini adalah memastikan semua mitra komisi terkait untuk menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga virus corona ini tak menyebar dan menginfeksi banyak orang. "Kami pastikan fungsi pengawasan supaya memastikan semua perangkat negara kerja sesuai porsi dan Inpres," ujar Melki.

Rencana ini juga telah disampaikan kepada pimpinan DPR untuk ditindaklanjuti. Namun karena DPR tengah memasuki masa reses, pembahasannya akan menunggu arahan dari lima pimpinan DPR. "Kalau dipanggil kami segera merapat, 1-2 hari ini kita siap saja bergerak. Jadi kita tunggu inisiatif pimpinan DPR," ujar Melki.

Meski begitu, ia menilai bahwa langkah pemerintah dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona sudah tepat. Komisi IX juga mengimbau masyarakat untuk lebih tenang dalam mewaspadai wabah ini.

"Saya dapat info kondisinya makin baik, di saat yang sama yang penting juga bukan penanganan dua orang ini, tapi menghadapi kepanikan dan hoaks. Masyarakat tenang-tenang saja jangan khawatir berlebihan. Jangan panik lah tetap tenang, serahkan pada ahlinya, Kemenkes sedang bekerja," tambah politikus Golkar itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement