Rabu 04 Mar 2020 14:00 WIB

Depok Bantu Observasi Hewan Peliharaan Pasien Positif Corona

Pengambilan sampel guna memastikan hewan-hewan tersebut tidak terjangkit Covid-19.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Kepala DKPPP Depok Diah Sadiah
Foto: Diskominfo Kota Depok
Kepala DKPPP Depok Diah Sadiah

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok turut membantu mengobservasi tiga hewan peliharaan milik pasien positif virus corona (Covid-19) usai rumahnya disemprot cairan disinfektan. 

"Langkah awal yang dilakukan adalah mengambil sampel swap ketiga hewan tersebut," kata Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Sadiah di Balai Kota Depok, Rabu (4/3).

Diah mengutarakan, ketiga hewan peliharaan ini terdiri dari dua ekor anjing dan satu ekor kelinci. Pengambilan sampel guna memastikan hewan-hewan tersebut tidak terjangkit Covid-19. "Kami siap untuk mengobservasi dan monitor terus kesehatan hewan-hewan itu," ujarnya.

Menurut Diah, untuk menguji sampel tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Laboratorium Penyidikan dan Pengujian Veteriner di Balai Veteriner Subang. Diperkirakan, uji laboratorium berlangsung kurang lebih 14 hari. 

"Setelah hasilnya keluar, kami baru bisa mengambil langkah selanjutnya. Saat ini dilakukan uji lab dulu," ujarnya.

Dia menambahkan, selain mengambil sampel swap, pihaknya tetap memperhatikan kesejahteraan hewan-hewan ini. Seperti memberikan makan dan mengecek kesehatan. "Apabila hasilnya terbukti positif terpapar virus corona, kami akan mengambil langkah selanjutnya sesuai SOP kesejahteraan hewan. Jika sebaliknya, hewan-hewan ini harus tetap hidup seperti biasa," ucap Diah. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement