Selasa 03 Mar 2020 01:50 WIB

Polda Jateng Terapkan Pola Keamanan Maksimum Amankan Pilkada

Masyarakat Jateng diminta ikut menjaga pelaksanaan pilkada serentak agar berlangsung

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Agus Yulianto
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jajaran kepolisian di lingkungan Polda Jateng, mulai mempersiapkan diri menghadapi pilkada serentak September 2020 mendatang. Kapolda Jateng Irjen Pol H Rycko Amelza Dahniel menyatakan, pihaknya akan menerapkan pola maximum security untuk menjamin kondisi keamanan pelaksanaan pilkada di wilayahnya. 

"Di Jateng, ada 21 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada. Selama rangkaian pelaksanaan pilkada, kita akan melakukan pengamanan maksimum agar kondisi daerah tetap kondusif," katanya saat menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah bintara polisi hasil Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri tahun 2019/2020 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Senin (2/3). 

Kapolda menyatakan, jajaran kepolisian di lingkungan Polda Jateng, sudah cukup berpengalaman mengawal proses pemilu. Baik dalam pelaksanaan pemilu serentak maupun pilkada serentak, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan pemilu bisa berjalan kondusif. 

"Prestasi ini harus tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan demikian, sekecil apapun potensi kerusuhan yang mungkin timbul harus bisa dicegah dan dilakukan antisipasi," katanya. 

Meski demikian, Kapolda juga meminta, agar seluruh masyarakat Jateng ikut menjaga pelaksanaan pilkada serentak agar berlangsung aman dan damai. "Tanpa peran serta dan partisipasi masyarakat, tentu akan sulit bagi kita untuk melaksanakan tugas pengamanan," katanya. 

Termasuk pada jajaran Polres yang wilayahnya akan melaksanakan pilkada, Kapolda mengaku, sudah mengintruksikan agar bisa mengawal dan memastikan semua proses tahapan berjalan aman dan kondusif. Mengenai situasi saat ini, dia menyatakan, kondisi di Jateng secara umum maupun di kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada, masih terpantau kondusif. 

"Saat ini, masih baru tahap penjaringan calon. Meski para bakal calon sudah mulai melakukan sosialisasi, namun kondisinya masih aman," katanya. 

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan yang wilayahnya akan melaksanakan pilkada, menyebutkan kondisi Kabupaten Kebumen sampai saat ini masih berjalan aman dan kondusif. Sedangkan untuk mengamankan pelaksanaan pilkada, pihaknya akan mengerahkan seluruh personil yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement