Senin 02 Mar 2020 14:56 WIB

Longsor Juga Terjadi di Talegong Garut

Longsor di Kecamatan Talegong terjadi pada sekira pukul 07.20 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Dwi Murdaningsih
Material tanah longsor menutup akses Jalan Pangalengan-Cisewu, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Senin (2/3).
Foto: dok. BPBD Kab Garut
Material tanah longsor menutup akses Jalan Pangalengan-Cisewu, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Senin (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Garut tak hanya menutup akses jalan Garut-Pameungpeuk, Kecamatan Cihurip. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, tanah longsor juga terjadi di Jalan Pangalengan-Cisewu tepatnya di Kecamatan Talegong pada Senin (2/3) pagi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, longsor di Kecamatan Talegong terjadi pada sekira pukul 07.20 WIB. Lokasi longsor berada di Blok Kebun D21, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong.

"Longsor menutup dua lajur jalan provinsi. Mobil dan motor tidak bisa melintas jalan tersebut," kata dia, saat dihubungi wartawan, Senin.

Ia menambahkan, longsor berasal dari bukit setinggi 20 meter dengan panjang 20 meter. Timbunan material menutup jalan selebar lima meter. Akibatnya, akses lalu lintas di wilayah itu tertutup.

Menurut dia, alat berat sudah diturunkan untuk melakukan pembersihan material longsor. Namun, belum semua material dapat dibersihkan seluruhnya.

"Sampai sekarang jalan masih tertutup," katanya.

Sebelumnya, bencana tanah longsor juga terjadi di Jalan Garut-Pameungpeuk, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, pada Senin pagi. Akibat longsoran itu, jalan provinsi tersebut tertutup material longsoran. Petugas masih berupaya agar material batu segera dibersihkan dari jalan agar jalan dapat dibuka sepenuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement