Ahad 01 Mar 2020 16:47 WIB

Dishub Yogyakarta Siapkan Transportasi Menuju Bandara Baru

Bandara Yogyakarta International Airport beroperasi penuh 29 Maret 2020.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah
Dishub Yogyakarta Siapkan Transportasi Menuju Bandara Baru. Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
Foto: Yusuf Assidiq.
Dishub Yogyakarta Siapkan Transportasi Menuju Bandara Baru. Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Untuk menunjang beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA), Dinas Perhubungan (Dishub) Yogyakarta akan menyiapkan trasportasi menuju YIA. Kepala Dinas Perhubungan Yogyakarta Tavip Agus Rayanto mengatakan, saat ini belum ada kereta api yang beroperasi sampai ke YIA.

Hal ini membuat Dishub Yogyakarta mendorong pengadaan transportasi umum guna meminimalisasi kemacetan. "Salah satu yang telah dilakukan Dishub DIY untuk membantu memperlancar arus lalu lintas adalah dengan menyediakan jalur khusus bus antarkota dalam provinsi (AKDP)," kata Tavip di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta belum lama ini.

Baca Juga

Dalam pengadaan transportasi umum menuju YIA ini, ia akan membawa konsep yang sama dengan transportasi umum yang ada di Adisutjipto. Menurutnya, Adisutjipto merupakan contoh terbaik dalam angkutan multimoda karena adanya pesawat, kereta, dan angkutan darat.

YIA akan beroperasi penuh pada 29 Maret mendatang. Lebih dari 150 penerbangan akan dipindahkan dari Adisutjipto menuju YIA.

"Ada 150 penerbangan domestik yang ada di Adisutjipto akan dipindahkan ke YIA pada 29 Maret itu. Ada delapan pergerakan untuk Internasional seluruhnya akan dipindahkan juga," kata General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, beberapa waktu lalu.

Dipindahkannya penerbangan ini, menjadikan waktu operasional baik YIA maupun Adisutjipto berubah. YIA akan beroperasi selama 24 jam yang sebelumnya hanya beroperasi pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

"Walaupun dipindahkan ke YIA, tapi Adisutjipto tetap akan beroperasi. Tapi memang jam operasinya kita kurangi. Semula pukul 05.00 sampai 23.00 WIB, pada 29 Maret nanti hanya dari pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WIB," ujar Pandu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement