Ahad 01 Mar 2020 14:16 WIB

Sufmi Dasco Minta Pemerintah Bentuk Tim Pencegahan Corona

Wabahnya virus corona sudah menyerang warga di banyak negara, khususnya Asia.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andi Nur Aminah
Sufmi Dasco Ahmad
Foto: Republika/Flori Sidebang
Sufmi Dasco Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah segera membentuk tim pencegahan virus corona. Sebab, wabahnya diketahui sudah menyerang warga di banyak negara, khususnya Asia.

"Tim khusus untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia. Desk Corona tersebut dibentuk Kemendagri," ujar Dasco lewat keterangan tertulisnya, Ahad (1/3).

Baca Juga

Lewat Kemendagri, diharapkan pemerintah dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah, kabupaten, dan kota. Khususnya dalam melakukan monitoring dan pendataan di daerahnya masing-masing. "Apabila terdapat warganya yang diindikasikan terjangkit virus corona, maka segera melaporkan hal tersebut," ujar Dasco.

Jika ada yang terjangkit virus tersebut, pemerintah daerah, kabupaten, dan kota diharapkan segera melaporkan ke tim pencegahan. Agar tim tersebut segera melaporkannya ke Kementerian Kesehatan. "Supaya segera dilakukan pencegahan dini dan penanganan medis lebih lanjut, atau hal-hal lain yang dianggap perlu," ujar Dasco.

Dia mengatakan hal ini dimintanya secara khusus, supayakita dapat mengantisipasi penyebaran virus corona secara dini di Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, ada lebih dari 85 ribu infeksi virus korona di seluruh dunia, mayoritas kasus ditemukan di China. Sedangkan di luar China, virus telah menyebar ke 53 negara dengan lebih dari 6.000 kasus dan 86 kematian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement