Ahad 01 Mar 2020 05:05 WIB

Kemenpora Gandeng Kemenparekraf Galang Sport Tourism

Indonesia Marathon tiap tahun bakal diadakan di kota-kota berbeda.

Menpora Zainudin Amali
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Menpora Zainudin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengatakan kementeriannya mendukung penuh upaya penyelenggaraan sports tourism. Kemenpora bekerja sama dengan Kemenparekraf terus menggalang even olahraga yang menampilkan sisi budaya dan pariwisata Tanah Air tersebut.

''Kami akan bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk menaungi sports tourism,'' kata Menpora, seperti dikutip dari Antara, belum lama ini. ''Apalagi, nantinya ini tiap tahun bakal diadakan di kota-kota berbeda.''

Menpora menyatakannya saat menggelar jumpa pers 'Indonesia Marathon' di kantor Kemenpora Jakarta. Dalam acara yang digelar pada pertengahan pekan tersebut, ketua umum KONI Marciano Norman menyebut seri perdana Indonesia Marathon siap digelar untuk pertama kalinya di Jakarta pada 23 Agustus mendatang. 

Ajang lomba lari internasional yang digagas oleh KONI Pusat ini merupakan lomba lari berstandar internasional mengacu pada Asosiasi Marathon International dan Balapan Jarak-Asosiasi Internasional Federasi Atletik (AIMS-IAAF). Even 'Indonesia Marathon' merupakan satu titik awal agar marathon di Indonesia bisa melaju ke marathon dunia seperti Chicago, Tokyo, dan Berlin marathon.

Event tersebut akan mengajak 10.000 orang pelari, baik dari dalam maupun luar negeri untuk memperebutkan hadiah total Rp 1 miliar. Selain marathon, ada tiga nomor lain yang dipertandingkan, yaitu half-marathon, 10K, dan 5K.

Menpora Zainudin Amali menyatakan Kemenpora mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Indonesia Marathon. Di even internasional tersebut, ada sisi pariwisata dimana para peserta nantinya akan berlari melalui beberapa objek ikonik dan bersejarah di ibu kota Jakarta.

''Saya tentu sangat berbahagia kepada KONI Pusat,'' katanya. ''Ini adalah inovasi yang bagus karena selama ini kita kenal KONI Pusat hanya mengatur cabang olahraga dan organisasi.''

"Event ini sangat bagus. Tujuannya supaya bisa tembus ke marathon dunia. Bagi Indonesia ini hal yang membanggakan,'' katanya.

Zainudin akan menggandeng Kemenparekraf untuk menaungi sisi sports tourism-nya. Apalagi, nantinya Indonesia Marathon tiap tahun bakal diadakan di kota-kota berbeda. Setelah Jakarta, rencananya Indonesia Marathon akan melanjutkan seri-seri selanjutnya di beberapa kota lain seperti Lombok, Belitung, Medan (Danau Toba), dan Banyuwangi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement