Sabtu 29 Feb 2020 12:47 WIB

Pertama di Kendal, Seminar dan Lokakarya LPB PDM undang LPBI NU

Kegiatan dimaksudkan untuk memperkokoh satuan pendidikan terhadap bencana.

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Pertama di Kendal, Seminar dan Lokakarya LPB PDM undang LPBI NU
Pertama di Kendal, Seminar dan Lokakarya LPB PDM undang LPBI NU

KENDAL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal (PDM) melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) beberapa waktu lalu menyelenggarakan seminar dan lokakarya Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Kegiatan tersebut berlangsung di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, diikuti oleh 85 peserta dan dibuka langsung oleh wakil ketua PDM Kendal, Koordinator Bidang Penanggulangan Bencana, H Mohamad Zabidi.

Zabidi mengatakan, bencana terbagi dalam dua hal, yaitu bencana alam, dan bencana non alam.

“Bencana alam terjadi yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor,” katanya.

Adapun bencana non alam menurutnya, bencana yang biasanya di akibatkan oleh manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Beliau menyebutkan, salah satu bencana non alam yang sekarang melanda di Negara Tiongkok adalah penyakit Corona.

Zabidi berharap, melalui kegiatan seminar dan lokakarya SPAB seluruh peserta mampu mensikapi dengan kesiapan dalam menghadapi bencana alam maupun non alam.

Sementara itu Ketua LPB PDM Kendal, Moh Hafiedz, mengatakan kegiatan seminar dan lokakarya SPAB adalah yang pertama di Kab Kendal dan diikuti oleh utusan dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan se-Kabupaten Kendal.

“Kami juga mengundang lembaga lain yang peduli dengan kebencanaan, antara lain Forum Relawan Kendal (BPBD Kendal), dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdhatul ‘Ulama’ (NU) Kendal,” kata Hafiedz.

Kegiatan tersebut menurutnya dimaksudkan untuk memperkokoh satuan pendidikan terhadap bencana di setiap sekolah Muhammadiyah.

Sedangkan ketua panitia, Abdul Malik menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan beberapa nara sumber terkait dengan kebencanaan yang sesuai dengan kompetensinya, yaitu Kenapa Harus Ada SPAM yang disampaikan oleh sekretaris Muhammadiyah Disaster Managemen Centre Arif Nurkholis, serta Potensi Bencana di Kabupaten Kendal oleh ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal Sigit Sulistyo. Sedangkan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal diberi kepercayaan untuk menyampaikan materi Implementasi SPAB di Kabupaten Kendal.

“Kami juga minta ke LPB PWM Jateng, Naibul Umam Eko Sakti untuk menyampaikan materi Kajian dan Pemetaan Resiko Bencana Sekolah,” ujar Abdul Malik.

“Sedangkan untuk pendanaan kebencanaan kami melibatkan Lazismu Daerah Kendal, dengan harapan ada kebijakan di sekolah-sekolah Muhammadiyah Kendal terdapat Bulan Dana Kebencanaan,” pungkasnya. (Gofur/Riz)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement