Jumat 28 Feb 2020 21:51 WIB

Percepat Tangani Kebakaran, Sukabumi Luncurkan e-Damkar

Mengembangkan aplikasi android bernama Bank Informasi Masyarakat Sukabumi (Bimasakti)

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi meluncurkan aplikasi e-damkar untuk mempercepat layanan penanganan kebakaran. Sehingga aplikasi ini dapat merespon kebutuhan warga.

''e-damkar adalah layanan publik digital yang diluncurkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terpercaya dan mudah diakses,'' ujar pelaksana program pelatihan e-damkar Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi Yusep Nofryadie Barnasyah, Jumat (28/2). Namun aplikasi ini perlu pengenalan tata cara penggunaanya dan sosialisasi kepada warga.

Sehingga kata Yusep, sosialisasi aplikasi e-Damkar dan memperkenalkan pegunaannya dilakukan beberapa waktu lalu. Workshop ini diikuti 42 orang peserta dari unsur pengemudi pemadam kebakaran di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Sukabumi, Uang Burhanudin mengatakan, masyarakat menuntut pelayanan publik yang dapat diandalkan, terjangkau dan interaktif. ''Masyarakat menginginkan aspirasinya didengar, dengan demikian pemerintah harus menfasilitasi partisipasi itu dalam perumusan kebijakan publik,'' kata dia.

Teknologi informasi dan komunikasi lanjut Uang, telah memberikan ruang yang luas kepada publik untuk memperoleh informasi yang dibutuhan. Hal ini untuk memberikan pelayanan publik dengan mengembangkan aplikasi berbasis android yang diberi nama Bimasakti (Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Terintegrasi).

Sebuah plafon aplikasi yang dapat mempermudah warga dalam mendapatkan layanan, menyampaikan aspirasi, dan mendapatkan Informasi. Uang mengatakan perlunya sinkronisasi, harmonisasi dan kolaborasi antara pengguna (masyarakat) dengan pemberi layanan sehingga manfaatnya dapat dirasakan.

Mudah-mudahan dengan di selenggarakannya pelatihan penggunaan e-Damkar dapat membantu memberikan pengetahuan tentang program yang telah dibuat oleh Pemda Sukabumi. Sehingga bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement