Jumat 28 Feb 2020 20:00 WIB

CFD di Jalan Jenderal Sudirman Bogor Kembali Digelar

CFD mulai digelar Ahad (1/3).

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah pesepeda melintas saat Car Free Day. ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pesepeda melintas saat Car Free Day. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor akan kembali digelar usai ditiadakan menyusul pembangunan Fly Over Martadinata sejak akhir September 2019 lalu. Rencananya, CFD akan mulai diberlakukan pada Ahad (1/3).

“Mulai Ahad tanggal 1 Maret 2020, hari bebas kendaraan bermotor atau CFD akan kembali dibuka di jalan Jenderal Sudirman,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dody Wahyudin, Jumat (28/02).

Baca Juga

Dody menjelaskan, waktu pelaksanaan CFD akan dimulai pukul 06.00-09.00 WIB. Dody mengatakan telah menyiapkan titik parkir kendaraan, di antaranya, samping Bank BTN, halaman Lautan, seberang PLN, halaman BoPer, dan depan martabak Air Mancur.

“Bagi yang akan berolahraga di area CFD silahkan memarkirkan kendaraannya di tempat yang disediakan,” katanya.

Menurut Dody, area CFD digunakan diperuntukkan pejalan kaki, pesepeda, jogging dan olahraga lainnya. Karena itu, Dody meminta PKL (Pedagang Kaki Lima) tidak memakai trotoar, badan jalan dan taman untuk berjualan.

Dishub dan kepolisian akan menerjunkan personilnya untuk mengatur lalu lintas. Dody menghimbau pengendara yang awalnya akan melewati jalan Jenderal Sudirman untuk mencari jalan alternatif.

"Mudah-mudahan minggu ini bisa berjalan lancar dan meriah," ucapnya.

Senada, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Samson Purba meminta agar PKL tidak berjualan di trotoar, badan jalan dan taman. Samson meminta agar semua pihak CFD bisa tertib.

"Mari, sama-sama menjaga kebersihan serta sarana dan prasarana umum yang ada di sekitar area CFD," kata Samson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement