Jumat 28 Feb 2020 11:20 WIB

Semen Padang Raih Gold Brand Equity Award

Penghargaan ini terkait komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Dirut PT Semen Padang Yosviandri menerima penghargaan.
Foto: Dok PTSP
Dirut PT Semen Padang Yosviandri menerima penghargaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Semen Padang meraih penghargaan Gold Brand Equity Award  kategori industri semen pada ajang CSR  Brand Equity Award 2020 yang diadakan  Iconomic, sebuah media yang terintegrasi dengan kegiatan Research,  Learning Center, EO, dan Pengembangan Teknologi. 

"Alhamdulillah ini merupakan prestasi menggembirakan  yang diraih perusahaan pada awal 2020 di bidang CSR. Penghargaan ini sekaligus pengakuan dari pihak ketiga atas komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR," kata  Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri yang didampingi  Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Oktoweri, usai menerima penghargaan di Jakarta, Kamis (27/2).

Yosviandri menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan  yang dinilai terdepan dalam bidang CSR melalui survei pada Januari 2020, dan melibatkan lebih dari 10.000 responden secara online.

Yosviandri menyebut, penghargaan ini menambah deretan penghargaan Semen Padang di bidang CSR. Sebelumnya Semen Padang menurut Yosviandri  juga pernah mendapatkan  Indonesian CSR Award (ICA) 2014 yang diselenggarakan  Corporate Forum for Community Delopment (CFCD ).

Kala itu PT Semen Padang sukses meraih 13 penghargaan. Pada ICA 2017,  juga memborong sebanyak  15 penghargaan. Kemudian penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2017. Pada 2018, Semen Padang meraih  penghargaan TOP CSR 2018  untuk tiga kategori, yakni, kategori TOP Leader on CSR Commitment 2018 untuk Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, TOP CSR 2018 untuk Program Kelembagaan Sosial Ekonomi serta TOP CSR 2018 untuk Program Pengelolaan dan Pengembangan Lingkungan Hidup. Selanjutnya, meraih Padmamitra Award's 2018 untuk kategori bidang kemiskinan dari Kementrian Sosial RI.

Yosviandri mengatakan, penghargaan ini bisa menjadi penambah motivasi sekaligus bagian dari evaluasi serta improvement dari perusahaan untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan program CSR ke depan. Supaya CSR Semen Padang selalu sesuai dengan standar atau kaidah yang ditetapkan  lembaga yang qualified.

"Perusahaan memandang bahwa CSR bukan hanya tool biasa melainkan sebagai keunggulan bersaing untuk mendukung jalannya perusahaan. Karena itu, segenap insan Semen Padang berkomitmen serius menjalankan program CSR mulai dari pimpinan puncak hingga pelaksana di lapangan," ucal Yosviandri.

Perusahaan, lanjut Yosviandri,  terus merancang program program untuk masyarakat lingkungan.  Program tersebut di antaranya,   basinergi mambangun nagari  bersama Forum Nagari yang  didirikan oleh perusahaan bersama masyarakat,  UPZ Baznas Semen Padang,  Tim Reaksi Cepat (TRC SP). Selanjutnya ada juga Gallery Balanjo Semen Padang, berupa mini market atau gallery khusus menjual produk unggulan mitra binaan serta program pemberdayaan lainnya. 

Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi merespons positif keberhasilan perusahaan semen pertama di Indonesia itu meraih Gold Brand Equity Award. "Prestasi ini membuktikan Semen Padang serius soal CSR," kata Khairul.

Khairul menyebut, CSR Semen Padang memang sudah lama dikelola dengan baik dan terukur. Khairul menyebut selama ini, CSR Semen Padang telah membina ratusan UMKM, memberika  beasiawa kepada ribuan anak sekolah dan beberapa program lainnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement