Kamis 27 Feb 2020 23:01 WIB

Lahan Pertanian di Madiun Diserang Hama Wereng

Serangan hama wereng coklat mengakibatkan petani terancam mengalami kerugian.

Petani menunjukkan tanaman padinya yang rusak akibat serangan hama wereng.
Foto: Antara/Siswowidodo
Petani menunjukkan tanaman padinya yang rusak akibat serangan hama wereng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lahan pertanian di Desa Klorogan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang kini ditanami padi dan sudah siap panen mendapat serangan hama wereng coklat sehingga petani terancam mengalami kerugian.

Petani di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Istamar, mengatakan hama wereng coklat tersebut menyerang tanaman padi sejak sepekan terakhir seiring tingginya curah hujan selama beberapa hari ini.

"Padahal tanaman saya diperkirakan bulan depan siap dipanen, namun ini sebagian terserang hama wereng," ujar Istamar kepada wartawan di Madiun, Kamis.

Menurut dia, tanaman padi siap panen yang terserang wereng akan kering dan mati. Bulir padi juga banyak yang kosong akibat terkena hama tersebut.

"Petani rugi banyak karena tanaman banyak yang mati. Hasil panen secara tidak langsung menurun drastis," ujar dia lebih lanjut.

Berbagai upaya pembasmian terus dilakukan oleh petani, mulai dari menyemprot pestisida serta membakar belerang, namun hama wereng tidak juga hilang.

Kepala Desa KloroganJuprianto membenarkan adanya hama wereng yang menyerang lahan padi di desanya. Dari puluhan hektare sawah di desanya, sekitar 2 hektare lebih terserang hama wereng.

"Kami sudah melaporkan keadaan ini ke Dinas Pertanian. Diminta dinas terkait turun ke lapangan untuk membantu mengatasi persoalan ini," kata Juprianto.

Pemerintah Desa setempat berharap Dinas Pertanian Kabupaten Madiun ikut melakukan pengawasan dan pengendalian hama agar petani tidak terancam gagal panen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement