Kamis 27 Feb 2020 19:52 WIB

Hujan Deras, Belasan Pohon Tumbang di Tasikmalaya

Hingga Kamis pukul 17.30 WIB, sedikitnya ada 17 kejadian pohon tumbang.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Warga membersihkan pohon yang tumbang akibat angin kencang (ilustrasi)
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Warga membersihkan pohon yang tumbang akibat angin kencang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda hampir seluruh wilayah Kota Tasikmalaya pada Kamis (27/2), menimbulkan belasan pohon tumbang. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya hingga Kamis pukul 17.30 WIB, sedikitnya ada 17 kejadian pohon tumbang.

Manajer Pusat Pengendaliam Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman mengatakan, sebanyak sembilan kejadian pohon tumbang terjadi di jalan raya. Sementara sisanya terjadi di wilayah perumahan warga. "Kejadian pohon tumbang terdapat di Kecamatan Cipedes, Tawang, Tamansari, Mangkubumi, Cibereum, dan Purbaratu," kata dia, Kamis.

Baca Juga

Selain pohon tumbang, cuaca ekstrem yang terjadi sejak siang hingga sore hari juga menimbulkan genangan air di tiga titik. Dua titik yang tergenang adalah Jalan Mayor Utara, Kecamatan Tawang, dan Jalan Moh Hatta Kecamatan Cipedes. Sementara satu titik genangan lainnya terjadi di Kampung Cihaji, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu.

Harisman menambahkan, cuaca ektrem juga menimbulkan tiga unit bangunan rusak tersapu angin. Dua bangunan terdapat di Kecamatan Cipedes, dan sisanya berada di Kecamatan Tawang. Terakhir, dampak hujan deras juga mengakibatkan dua kejadian longsor, yaitu di Jalan RE Martadinata Cipedes dan Kampung Jati Margabakti, Kecamtan Cibeureum. "Tim URC PB BPBD Kota Tasikmalaya melakukan assessment dan penanganan darurat," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement