Sabtu 22 Feb 2020 17:55 WIB

Tiga Daerah di Sumbar Terdampak Fenomena Angin Kencang

Fenomena angin kencang ini berada di wilayah Bukit Barisan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Angin kencang (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/JONNEL MARIBOJOC
Angin kencang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Erman Rahman melaporkan terjadinya fenomena angin kencang di beberapa daerah di Sumatra Barat sejak Kamis (20/2). Erman menyebut berdasarkan laporan dari BMKG Stasiun Meteorologi Minangakabau fenomena angin kencang ini berada di wilayah Bukit Barisan.

Wilayah yang terdampak menurut Erman yakni di Kota Padang, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Agam. "Berdasarkan data kecepatan angin mencapai 30 knots atau 50-60 km/jam. Kondisi angin terjadi diiringi dengan cuaca cerah dan umumnya terjadi pada saat pagi hingga menjelang siang hari," kata Erman, Sabtu (22/2).

Baca Juga

Di Kota Padang menurut Erman, fenomena angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di Kecamatan Nanggalo, KEcamatan Padang Barat, Kecamatan Padang Timur, Kecamatan Pauh, Kecamatan Koto Tangah, dan Kecamatan Padang Selatan. Beberapa pohon tumbang membuat sejumlah jalan raya sempat terhambat.

Di Kota Padang Panjang menrut Erman, terjadi pohon tumbang di Kecamatan Padang Panjang Barat, tepatnya di Kelurahan Silaiang Bawah. Pohon tumbang di daerah tersebut sempat membuat Jalan Raya Padang-Padang Panjang tersendat.

"Tim TRC PB BPBD Kota Padang Panjang meninjau langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan pemotongan, serta pembersihan material pohon tumbang," ujar Erman.

Di Kabupaten Agam, pohon tumbang terjadi di Bula'an Jorong Siguhung, Nagari Persiapan Kandih, Kecamatan Lubuk Basung. Pohon tumbang menimpa kabel milik Telkom dan menutupi sebagian badan jalan. Erman menambahkan dari serangkaian kejadian pohon tumbang, tidak menelan korban jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement