Sabtu 22 Feb 2020 13:41 WIB

Dinkes Depok akan Optimalkan 11 Program Kesehatan

Depok dicanangkan sebagai kota sehat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes. ilustrasi
Foto: EPA
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus memaksimalkan berbagai program kesehatan. Hal tersebut dilakukan demi mendukung program Depok sebagai Kota Sehat.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, untuk target sasaran kinerja 2020 akan dilakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran pelayanan kesehatan dan pendekatan kepada masyarakat.

"Peningkatan pelayanan kesehatan akan terus kami maksimalkan dan melakukan pendekatan ke masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui lebih detail status kesehatan mereka," ujar Novarita saat kegiatan Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Dinkes Kota Depok tahun 2021 di The Margo Hotel, Jumat (21/2).

Menurut Novarita, pada 2020, pihaknya akan memaksimalkan penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), penurunan gizi buruk, penurunan angka stunting atau tubuh pendek. Selanjutnya, peningkatan kelurahan Open Defecation Free (ODF), peningkatan kesembuhan tuberculosis (TB), peningkatan cakupan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan peningkatan cakupan rumah sakit.

"Selain itu, juga akan dilakukan penurunan prevelensi demam berdarah dengue (DBD), penurunan insidensi hipertensi (HT), serta penurunan insidensi diabetes melitus (DM)," terangnya.

Dia menambahkan, 11 program kesehatan tersebut diharapkan dilakukan secara maksimal. "Tentu dengan peran serta dari petugas kesehatan di puskesmas maupun pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)," pungkas Novarita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement