Jumat 21 Feb 2020 19:39 WIB

Angin Kencang Landa Sejumlah Desa di Blitar

Angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan merusak rumah warga.

Sejumlah pohon di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, tumbang setelah diterjang angin kencang yang disertai dengan hujan, Jumat (21/2) (Foto: ilustrasi pohon tumbang)
Foto: Antara/Weli Ayu Rejeki
Sejumlah pohon di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, tumbang setelah diterjang angin kencang yang disertai dengan hujan, Jumat (21/2) (Foto: ilustrasi pohon tumbang)

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Sejumlah pohon di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, tumbang setelah diterjang angin kencang yang disertai dengan hujan, Jumat (21/2). Berdasarkan laporan, pohon tumbang mengakibatkan beberapa bangunan rusak tertimpa pohon.

"Tadi ada laporan, tapi anggota masih cek lokasi. Tadi di sekitar Kecamatan Kanigoro, ada pohon tumbang," kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, di Blitar, Jumat.

Baca Juga

Lokasi pohon yang tumbang itu salah satunya di Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Petugas telah melakukan pendataan terkait dengan kejadian tersebut.

Beberapa korban antara lain Mamat, warga Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, dimana pagar depan rumahnya tertimpa pohon tumbang. Kerugian diperkirakan capai Rp 20 juta.

Kholik juga mengatakan, BMKG juga telah memberikan peringatan dini potensi hujan untuk Februari sampai Maret 2020. Diperkirakan, pada bulan tersebut curah hujan juga masih cukup tinggi.

"Ini (curah hujan tinggi) sampai akhir Maret 2020 dan ini sudah ada informasi dari BMKG. Jadi, sampai akhir Maret perlu diwaspadai terjadinya hujan," kata Cholik.

Sementara itu, aparat dari Polres Blitar juga langsung sigap membantu warga, gotong royong membersihkan sejumlah pohon yang tumbang. Warga menggunakan berbagai alat seadanya untuk memotong dahan pohon, sehingga tidak mengganggu.

Hujan disertai dengan angin kencang juga terjadi di Kota Blitar. Sejumlah batang juga tumbang diterjang angin kencang. Misalnya di Jalan Veteran dan Jalan Bali, Kota Blitar, pohon tumbang. Bahkan, jalan ditutup karena pohon tumbang. Hingga kini, proses pembersihan masih terus dilakukan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement