Kamis 20 Feb 2020 04:37 WIB

Dinkes Depok Pastikan Pemberian Vitamin A Merata

Februari merupakan bulan pemberian Vitamin A untuk anak usian 6 bulan hingga 5 tahun

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Petugas Dinas Kesehatan memberikan vitamin A kepada balita, (ilustrasi).
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Petugas Dinas Kesehatan memberikan vitamin A kepada balita, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memastikan seluruh anak sudah memperoleh Vitamin A. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan kunjungan atau sweeping ke rumah-rumah warga yang memiliki anak usia enam bulan hingga lima tahun. Setiap Februari merupakan bulan pemberian Vitamin A untuk anak usian enam bulan hingga lima tahun.

"Agar capaian pemberian Vitamin A ini dapat maksimal, dilakukan sweeping ke rumah-rumah warga yang memiliki anak usia enam bulan hingga lina tahun. Hal itu dilakukan  karena saat pelaksanaan pemberian Vitamin A di setiap posyandu tidak semua warga datang membawa anaknya," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Rabu (19/2)

Menurut Novarita, sweeping dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan maupun kader posyandu. Jika saat melakukan kunjungan ditemukan warga yang anaknya belum memperoleh Vitamin A, maka pihaknya segera memberikan kapsul Vitamin A.

Pemberian Vitamin A tersebut disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia 6-11 bulan diberikan Vitamin A dengan dosis 100 ribu IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan, usia 1-5 tahun diberikan dengan dosis 200 ribu IU yang ditandai dengan warna merah.

"Saat sweeping tetap kami perhatikan pemberian dosis Vitamin A pada anak. Karena masing-masing anak membutuhkan kandungan yang berbeda," Novarita.

Dia menambahkan, selain dilakukan sweeping, tenaga kesehatan maupun kader posyandu juga memberikan penyuluhan kepada orangtua untuk memahami pentingnya pemberian Vitamin A. "Dengan demikian, diharapkan orangtua akan tahu saat pelaksanaan bulan Vitamin A pada Februari dan Agustus agar segera mengunjungi posyandu," pungkas Novarita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement